Tahukan Bunda Tentang Infeksi Pada Bayi Baru Lahir (BBL)?

No Comments 247 Views0


Infeksi Pada Bayi Baru Lahir (BBL) atau sepsis neofat orum adalah infeksi pada bayi baru lahir yang parah dan dapat menyebabkan kematian. Ada beberapa tanda-tandanya bunda, yaitu:

  1. Bayi demam tinggi atau tubuh teraba sangat dingin.
  2. Bayi tidak bisa dibangunkan.
  3. Perut bayi teraba tegang.
  4. Bayi tidak mau menyusu.
  5. Sesak nafas.
  6. Bayi merintih.

Infeksi ini bisa terjadi dalam 3 fase. Yang pertama adalah saat hamil. Infeksi ini bisa disebabkan dari infeksi ibu yang memenular ke bayi yang dikandung (penyakit menular seksual, hepatitis, HIV/AIDS. Selain itu adalah  apabila ketuban pecah sebelum waktunya. Ibu penderita penyakit menular seksual dapat menularkan infeksi penyakitnya ke anak yang dikandungnya. Jadi calon bunda yang sayang pada calon anaknya hendaknya memikirkan sampai ke hal ini ketika akan melakukan hubungan seksual yang berbahaya.

Jika ibu menderita penyakit seksual menular, maka bayipun akan terkena imbasnya. Selain factor kehamilan, kebersihan alat, tempat dan orang yang menolong persalinan juga dapat menyebabkan terinfeksi atau tidaknya bayi. Untuk menghindari ketidaksterilan dan tetidakprofesionalan orang yang membantu kelahiran, maka selalu gunakan fasilitas-fasilitas kesehatan ketika bersalin. Sama seperti asfiksia yang dibahas sebelumnya, bayi yang perawatan tali pusatnya tidak bersih juga bisa menyebabkan infeksi ini. Selain itu, bayi yang mengalami sakit parah juga berpengaruh.

Lalu bagaimana cara mencegah infeksi ini? Ada beberapa hal yang harus bunda lakukan, yaitu:

  • Periksa kehamilan secara teratur ke sarana kesehatan.
  • Mintalah imunisasi TT.
  • Periksa bayi baru lahir secara teratur ke tenaga kesehatan
  • Perawatan tali pusat secara benar.
  • Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir sebelum dan sesudah memegang bayi.
  • Bersalin di sarana kesehatan.

Meskipun sederhana, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun sebelum dan sesudah memegang bayi ternyata merupakan hal yang sangat berpengaruh untuk mencegah infeksi pada bayi baru lahir. Kebiasaan baik ini perlu bunda tanamkan pada diri sendiri sebelum ataupun sesudah punya bayi demi kesehatan buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa langsung bunda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu, maka ketika memegang bayi semuanya steril dan bayipun bisa terhindar dari infeksi pada BBL ini.

 

*sumber: diolah dari publikasi depkes.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *