Rahasia tumbuhkan anak percaya diri

No Comments 462 Views0


bos

Menumbuhkan anak menjadi sosok yang bermental kuat dan percaya diri tentu saja membutuhkan banyak cara. Seorang anak akan tahu bagaimana bersikap dan juga menempatkan diri jika ia sudah diajarkan mengenai hal tersebut sebelumnya. Nah, untuk memudahkan Anda, berikut ini adalah cara mudah tumbuhkan anak semakin percaya diri.

1. Pusatnya adalah Anda

Satu hal penting yang harus Anda ingat selalu adalah, seorang anak mencontoh ibunya. Jika Anda ingin membesarkan sosok anak yang percaya diri, maka Anda terlebih dahulu haruslah percaya diri pula, kuat dan tahan banting. Anda harus menunjukkan sisi dimana seorang wanita mampu bertahan dalam segala situasi dan kondisi. Jika ini mampu ia contoh dengan baik, tentu saja akan menguatkan akar kepercayaan dirinya lebih kuat lagi.

2. Bantu ia merasa spesial

Setiap manusia dianugerahi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pun demikian dengan anak. Ia akan merasa unik dan spesial jika Anda menanamkan hal tersebut sejak awal. Keunikan tersebut akan terbentuk seiring dengan kepercayaan diri yang semakin tinggi dan usia yang semakin bertambah. Bantu anak perlahan dengan memberikan sugesti positif agar mereka bisa termotivasi menjadi semakin maju dan mampu mengatasi beragam permasalahan yang ada.

3. Naikkan dan hargai kekurangan mereka

Tak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Jika anak memiliki kekurangan sebenarnya hal tersebut wajar saja terjadi. Daripada susah payah memikirkan mengenai kekurangan tersebut, Anda harus lebih kreatif menjadikan hal tersebut justru sebagai kelebihannya dan khas dia. Hal ini akan membuat ia lebih percaya dan bisa melewati beragam kemungkinan ataupun mungkin ejekan dari orang lain, yang justru menjadikannya lebih tangguh lagi.

4. Kepercayaan diri dalam sosial masyarakat

Mungkin Anda tak memperhatikan, tapi justru inilah yang paling penting diantara yang lainnya. Anda harus semakin mengasah kemampuan sosialnya dengan mulai sejak dini melibatkannya dalam beragam kegiatan kemasyarakatan. Melatihnya dari dasar bisa dengan mengumpulkannya bersama sanak saudara,  teman sebaya dan tetangga. Untuk lingkup di luar Anda bisa mengikut sertakan ia dalam berbagai lomba. Mulai dari lomba menyanyi, modelling, menggambar dan lain lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *