Madu Makanan Yang Baik Saat Makan

No Comments 557 Views0


Madu Makanan Yang Baik Saat Makan

Anak susah makan orangtua sering mengeluh anak susah makan dan mencari vitamin untuk menambah nafsu makannya. Apakah vitamin memnag bisa meningkatkan nafsu makannya. Atau apakah anak tersebut memang memerlukan vitamin? Sebelumnya perlu anda ketahui dahulu pola makan anak tersebut.

Penyebab anak susah makan

Ada beberapa alasan anak susah makan. Anak yang sedang mengalami gejala pilek akan sulit atau merasa sakit, jika sulit menelan sehingga si anak akan mogok makan. Hal ini dapat membantu dengan memberinya makanan yang lunak atau meningkatkan porsi susu yang diminumnya. Jika melihat dari sudut padang anak yang sedang asyik bermain, makan akan mengurangi waktunya bermain sehingga membuatnya malas untuk makan.

Belum lagi jka orangtuangya  tidak tenang dan terus memaksa anak akan lebih menolak untuk makan . Hal ini juga berlaku bagi setiap anak yang memang mencari perhatian orangtuannya. Semakin orangtua membujuk anak untuk makan, semakin  anak senang dengan perhatian orangtuannya.

Waktu makan  dapat dibuat lebih menyenangkan dengan beberapa cara berikut ini:

  1. Beri tahukan waktu makan 15 menit sebelumnya.anak yang sangat elah atau sedang sibuk bermain akan menjawab bahwa mereka tidak mau makan.cara ini akan memberinya kesempatan untuk menenagkan diri sebelum makan.
  2. Buatlah rutinitas.anak lebih nyaman dengan rutini]tas dan sesuatu yang bisa mereka perkirakan. Atur jam akan  si anak anda pada waktu yang sama.lama-kelamaan si anak akan terbiasa dan merasa lapar pada jam-jam makan tersebut.
  3. Makan  bersama keluarga.makan bersama keluarga di meja makan akan menyemangati anak untuk makan. Anak akan terpacu karena melihat semua orang melakukan hal yang sama.buatlah suasana makan seceria mungkin.
  4. Batasi waktu makan. Anak punya batas  waktu perhatian yang pendek.dia tidak akan senang berlama-lama untuk duduk dimeja makan. Batasi waktu makan selama 20 menit saja.
  5. Jangan memakan anak untuk makan habis. Jangan samakan porsi anak dengan orang dewasa, ukuran perutnya saja sudah jauh berbeda.sedangkan makanan sesuai umurnya. Satu sendok makanan tiap-tiap makanan per umurnya.lebih baik menambah porsinya daripada tidak habis.
  6. Sediakan variasi makana.dibtuhkan 10 kali percobaan untuk menyukai suatu jenis makanan tertentu. Jangan putus asa jika anak menyatakan ketidakpuasannya terhadap makanan baru. Sediakan berulang-ulang dalam jumlah yang kecil sampai bisa diterima.
  7. Beri kesempatan anak untuk makan  sendiri. Mungkin memang lebih banyak makanan yang jatuh dibanding yang dimakan. Namun dengan bertambahnya kemahiran anak untuk makan  sendiri. Semakin banyak yang akan dimakan.

Perlu anda ingat untuk orangtua bahwa perut anak ukurannya lebih kecil sehingga sebaiknya diisi sedikit-demi sedikit tetapi lebih sering.anak yang merasa lapar saat dua jam setelah makan merupakan hal yang sangat wajar. Jika waktu makan masih beberapa jam lagi, beri anak makanan selingan yang sehat. Namun jika tinggal  satu jam lagi menjelang waktu makan  berikutnya, lebih baik tidak diberi kudapan.

Anak yang sering makan-makanan manis akan merasa lebih cepat kenyang karena kalori gula yang sangat tinggi. Meskipun demikian makanan manis jangan sama sekali anda melarangnya. Karena  aturan tidak boleh memakan-makanan yang manis akan membuat anak lebih menginginkannya dan cenderung makan berlebih jika mendapatkannya. Jajan yang terlalu gurih akan mengubah rasa di lidah si anak sehingga mereka akan cenderung menolak  berkarbonasi yang manis. Berilah makanan selingan yang sehat seperti buah, susu, roti, yoghurt dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *