MADU EFEKTIF DUKUNG TUMBUH KEMBANG ANAK

No Comments 884 Views0


MADU EFEKTIF DUKUNG TUMBUH KEMBANG ANAK

Madu digunakan untuk nutrisi dan pengobatan sudah sejak lama. Di zaman modern, penelitian ilmiah telah banyak berkembang untuk meneliti khasiat madu terutama untuk anak-anak. Manfaat kesehatan dari madu untuk balita dan anak-anak diantaranya sebagai sumber energi dalam jangka waktu yang lama, memberikan persediaan vitamin dan mineral, membantu dalam penyembuhan luka lebih cepat, melindungi hati dan mengontrol batuk pada anak-anak. Berikut ini manfaat lain dari madu untuk tumbuh kembang anak :

Madu sebagai sumber energi bagi anak. Madu memiliki rasa manis dan khasiat lebih dari gula. Madu mengandung berbagai jenis gula alami yang meliputi sukrosa, glukosa, dan fruktosa. Komposisi alami ini membuat madu dapat menyediakan energi untuk waktu yang cukup lama. Sukrosa dan glukosa dalam madu dicerna dalam waktu singkat, fruktosa tetap berada dalam sistem pencernaan dan memasuki aliran darah di kemudian hari dan menyediakan energi untuk jangka waktu yang lebih lama.

Mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral. Madu mengandung banyak mineral seperti natrium, kalsium, magnesium, aluminium, besi, fosfor, dan kalsium. Juga vitamin seperti vitamin B2 (Riboflavin), B5 (asam pantotenat), B6 (Piridoksin), vitamin A, vit C, vit K, dan betakaroten. Madu juga mengandung beberapa asam amino yang sangat baik untuk perkembangan fisik.

Melindungi fungsi hati. Madu memiliki efek perlindungan pada hati, terutama efek dari parasetamol yang sering menimbulkan kerusakan hati. Overdosis parasetamol diketahui menyebabkan penurunan fungsi hati.

Menyembuhkan luka lebih cepat. ketika madu dioleskan ke luka, maka luka akan lebih cepat sembuh. Penelitian terbaru para ilmuwan dari Cardiff Metropolitan University Wales menunjukkan bahwa madu mampu mengatasi infeksi pada luka kronis, sekaligus “menjegal’ pergerakan bakteri di dalam luka .

Menyembuhkan batuk. Jurnal Pediatrics yang terbit di Amerika Serikat menyebutkan bahwa madu efektif mengatasi batuk pada anak. Madu dinilai lebih efektif mengontrol batuk malam hari pada anak dengan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Penelitian lain dilakukan pada anak-anak usia 2 tahun ke atas dengan ISPA.

Seiring dengan kemajuan pengobatan herbal, madu kini dikombinasikan dengan berbagai bahan alami yang juga memberikan khasiat yang besar. Madu Vitabumin merupakan salah satu madu yang dikombinasikan dengan ekstrak temulawak, pegagan, dan ekstrak protein albumin ikan gabus. Vitabumin mendukung tumbuh kembang anak, karena selain memberikan khasiat madu yang besar untuk kesehatan, juga ampuh mengatasi anak susah makan. Kandungan temulawak terbukti ampuh meningkatkan nafsu makan pada anak. Pegagan terbukti dapat menambah konsentrasi dan kecerdasan seperti penelitian yang diungkapkan di India. Sementara albumin ikan gabus dibutuhkan tubuh anak untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel tubuh anak. Bila kadar albumin rendah, protein yang dikonsumsi anak akan pecah. Protein yang seharusnya dikirim untuk pertumbuhan sel menjadi tidak maksimal. Pada anak yang kekurangan albumin, seperti penderita tuberkulosis, daya kerja obat yang diminum menjadi kurang maksimal. Itulah manfaat madu Vitabumin untuk tumbuh kembang anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *