Beda Madu Asli dan Madu Olahan

No Comments 982 Views0


CIRI MADU ANAK YANG BAIK UNTUK DIKONSUMSI

Jika Anda penggemar madu terutama madu asli, Anda perlu meneliti kembali keaslian madu yang Anda beli. Banyak produsen madu yang mengaku menjual madu berkhasiat tinggi, namun faktanya ia telah melakukan pengolahan terhadap madunya. Pengolahan terhadap madu dilakukan dengan cara pemanasan atau penyaringan (filterisasi).

Madu asli dan madu olahan ternyata punya perbedaan yang signifikan. Sebagai pecinta madu, Anda perlu memahami perbedaan madu asli dan madu olahan. Tahukah Anda? Di negara ini ternyata ada produsen madu yang sengaja menghilangkan jejak serbuk sari (bee pollen) di dalam madu. Proses penghilangan serbuk sari biasanya disebut dengan proses filterisasi mikro. Madu ini sendiri mengandung banyak enzim alami dan tentu juga mengandung bee Pollen. Karena adanya zat-zat bermanfaat tersebut, madu memiliki hasil sampingan lain semacam zat berbentuk gas. Gas adalah hasil sampingan dari pengolahan bee pollen terlarut oleh enzim lebah dan ragi di dalam madu asli.

Proses filterisasi mikro bertujuan menghilangkan bee pollen pada madu. Saat bee pollen dihilangkan atau dipisahkan, maka madu tidak akan mengeluarkan gas karena enzim di dalamnya sudah dihilangkan, namun jika tidak mengeluarkan gas tentu memberi keuntungan tersendiri terutama untuk produsen. Produsen tidak perlu takut kemasan madu asli rusak karena tekanan gas berlebih yang dihasilkan, sehingga madu dapat disimpan dalam waktu yang sangat lama. Sebaliknya, bila madu diproses untuk menghilangkan serbuk sari dalamnya, produsen madu akan merugi jika madu sewaktu-waktu kemasan madu meledak di swalayan atau supermarket. Pihak supermarket pun akan rugi karena harus membersihkan ceceran madu yang meledak di rak penyimpanan.

Selama ini kita telah mengetahui khasiat dari bee pollen yang terdapat di madu asli. Bee Pollen merupakan salah satu makanan alami terkaya dan paling murni yang pernah ditemukan. Bee Pollen atau serbuk sari telah dikenal selama berabad-abad karena kekayaan gizinya. Bee pollen ini terdapat pada madu asli (raw honey), namun tidak terdapat pada madu yang diolah.

Bee pollen dikemas dengan protein yang dikombinasikan dengan asam amino, yang mudah digunakan tubuh Anda. Dalam pengobatan Cina, bee pollen diyakini berkhasiat meningkatkan gizi seimbang, vitalitas, panjang umur, dan energi. Bee pollen juga digunakan untuk mengontrol berat badan, kesehatan, kecantikan, alergi, dan anti-penuaan. Semua kualitas bee pollen ini akan hilang bila dilakukan filterisasi maupun pemanasan terhadap madu.

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat ada lebih dari 30 produsen komersial madu yang kehilangan jejak serbuk sari karena telah melakukan proses pasteurisasi (pemanasan) dan filterisasi (penyaringan). Mayoritas madu berwarna emas dan jernih yang kerap Anda lihat di toko lokal merupakan madu olahan yang sebenarnya sudah tidak bisa lagi disebut dengan madu.

Nah, itulah perbedaan madu asli dan madu olahan. Pastikan madu yang Anda beli benar-benar asli dan tidak mengalami pemrosesan seperti filterisasi dan pemanasan. Karena proses pengolahan tersebut justru akan menghilangkan enzim-enzim lebah dalam madu yang mengakibatkan khasiat madu menjadi tidak optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *