Atasi Radang Sendi dengan Ekstrak Ikan Gabus

No Comments 800 Views0


Manfaat Terpendam Albumin Dalam Ikan Gabus

Radang sendi (osteoarthritis atau OA) dapat terjadi pada setiap orang di dunia, dan biasanya dialami oleh orang yang berusia lanjut. Radang sendi juga dapat menyerang orang yang berusia muda karena gaya hidup yang kurang sehat. Radang sendi dapat terjadi karena tidak adanya bantalan tulang rawan, autoimmunity (sistem imun yang menyerang tubuh), kekurangan cairan pada sendi, dan infeksi. Radang sendi dapat mengakibatkan rusaknya sendi pada tubuh, terutama pada bagian tangan, lutut, pinggul, dan tulang belakang. Lutut merupakan bagian tubuh yang sering dikeluhkan oleh penderita radang sendi, karena lutut lebih sering menerima tekanan akibat aktivitas sehari-hari.

Radang sendi biasanya disebabkan oleh kelebihan berat badan (obesitas), terluka, dan pengaruh genetik. Orang yang mengalami radang sendi biasanya mengeluhkan sakit pada sendi di setiap pergerakan, timbulnya rasa kaku pada saat bangun tidur, kehilangan fleksibilitas dalam beraktivitas, serta terdengar suara pada saat menggerakkan sendi. Radang sendi dapat pula menyebabkan perubahan letak sendi.

Inflamasi (peradangan atau bengkak) pada penderita radang sendi terjadi karena adanya penurunan tulang rawan menjadi synovium. Inflamasi terjadi karena mediator pro-inflammatory dapat memasuki bagian sendi. Pelepasan mediator pro-inflammatory seperti sitokinin dan oksigen reaktif akan menyebabkan melepasnya neuropeptides dari jaringan syaraf.

Tidak ada pengobatan untuk mengatasi radang sendi, namun dapat dilakukan perawatan untuk mengatur timbulnya gejala, diantaranya dengan mengatur berat badan untuk mengurangi rasa sakit dan tekanan pada sendi; melakukan peregangan agar lebih fleksibel dalam bergerak, mengurangi kekakuan, dan mengurangi rasa sakit; menggunakan alat bantu untuk pergerakan seperti tongkat; melakukan operasi; aktivitas fisik seperti berjalan di halaman dan senam aerobik; mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit dan bengkak; serta terapi alternatif seperti konsumsi suplemen, akupuntur, pijat, dan lainnya. Tindakan lain yan dapat dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan rendah gula, tidak merokok, dan tidak mengkonsumsi alkohol.

Ekstrak ikan gabus dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk radang sendi. Adanya asam amino dan asam lemak pada ekstrak ikan gabus dapat mencegah terjadinya kerusakan pada radang sendi dengan membantu sintesis kolagen pada tulang rawan. Mekanisme ini dapat mempercepat proses perbaikan tulang rawan dengan mengurangi rongga sendi pada tulang rawan dan membantu mengurangi reaksi inflamasi pada sendi. Pemberian ekstrak ikan gabus dapat membantu pembentukan kolagen melalui sintesis protein intermolekuler dan intramolekuler yang saling berhubungan. Mekanisme ini akan memperbaiki struktur tulang rawan dan mencegah adanya kerusakan lebih lanjutpada tulang rawan, sehingga akan terjadi pengurangan inflamasi pada synovium dan mencegah berkurangnya immunoreactivity PGP 9.5 dari membran synovial.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *