Anak susah bersosialisasi? begini solusinya

No Comments 524 Views0


sos

Banyak sekali saat ini kita temukan anak yang sulit bersosialisasi dan menjalin pertemanan baru. Anda tak perlu kebingungan, berikut ini solusi yang bisa Anda lakukan jika ingin anak bisa lebih terbuka dan mampu membuka pertemanan baru, karena kemampuan sosial mereka yang makin berkembang.

1. Jangan dimanja

Anak manja amat rentan dengan kerapuhan. Mereka biasa menggantungkan hidup dari perhatian dan juga apa yang dilakukan orang tuanya. Memanjakan anak akan menjadikan mereka sulit mandiri. Padahal kita tahu hidup manusia tak hanya di masa kanak-kanak, namun akan terus berkembang hingga ia dewasa nanti. Maka yang harus Anda lakukan adalah merubah pola asuhnya lebih baik. Jangan lagi mudah menuruti apa yang mereka inginkan. Jika Anda ingin mengabulkan, berikan syarat agar ia bisa merasakan perjuangan untuk mendapatkannya. Hal semacam ini akan melatih kemandirian anak lebih baik.

2. Masukkan komunitas atau taman bermain

Sosialisasi bisa dipupuk tentu saja karena kebiasaan kita membaur dengan banyak orang. Ini lah yang akan membuat kehidupan lebih baik. Untuk anak seusianya, Anda bisa memasukkan mereka ke sanggar atau taman bermain. Dampingi mereka mengenal teman baru serta lingkungan yang masih asing baginya.Ini cukup efektif untuk membuatnya lebih memiliki empati yang tinggi terhadap sesamanya.

3. Ajarkan berbagi

Berbagi adalah kodrat dari makhluk sosial. Jika Anda ingin ia lebih peka dengan lingkungan sekitar, Anda bisa mengajarkan padanya bagaimana indahnya berbagi. Mulai dari hal kecil dengan berbagi tempat duduk dalam kelas contohnya. Ini hal kecil yang bisa dijadikan contoh bahwa memang berbagi apapun dimulai dari hal kecil, dan dari usia sini. Jika Anda mampu mengajarkan ini, anak akan bisa mencanangkan dalam dirinya sehingga ia akan menerapkannya dengan baik.

4. Jangan biarkan lama menonton televisi

Salah satu permasalahan yang muncul dari anak adalah kecanduan mereka pada barang elektronik, seperti televisi dan gadget. Televisi menyajikan tayangan yang menarik untuk anak, begitupun dengan gadget. Barang itu mampu menyajikan games menarik yang sayang jika mereka lewatkan. Jika ini diteruskan, anak takkan mampu bersosialisasi dengan baik dengan manusia. Anda harus membiarkannya berkembang dengan melakukan kegiatan dan bermain di luar rumah bersama teman-temannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *