5 Tanda bahaya perkembangan bicara anak

No Comments 652 Views0


ber

Perkembangan bicara anak yang optimal tentu saja adalah keinginan semua orang tua. Namun ada kalanya perkembangan bicara anak jadi terganggu karena banyak alasan. Jika itu terjadi, maka Anda harus melakukan penanganan segera. Indikasi tersebut bisa diketahui dari beberapa tanda berikut ini.

1. Bayi tak bersuara

Pada waktu kelahiran, biasanya bayi akan menunjukkan tangisan yang keras. Jika ia tak menangis, ini justru hal yang harus diwaspadai. Bisa jadi ini adalah awal dari perkembangan bayi yang tak normal di kemudian hari. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Anda bisa mengunjungi dokter untuk melakukan konsultasi dan pengecekan terhadap kesehatan bayi Anda.

2. Bayi tak ikuti kontak mata

Bayi yang sehat akan mengikuti kontak mata yang dilakukan ibu saat ia berbicara. Hal tersebut dikarenakan bayi memang diprogram untuk bisa menirukan apa yang dilakukan sekelilingnya, serta mengikuti apa yang dilakukan manusia dan tentu saja harus ada reaksi. Nah, jika hal tersebut tak Anda temukan dari bayi Anda, bisa jadi ia mengalami ketidaknormalan dalam perkembangan.

3. Bayi tak menggumam sampai usia 7 bulan

Biasanya para bayi akan menggumamkan kata sebagai tanda ia mulai berbicara, walaupun memang proses yang harus dilakukan masih panjang. Jika ia tak menunjukan hal ini hingga usianya 7 bulan, Anda perlu melakukan pemeriksaan pada dokter agar segera bisa diketahui penyebabnya.

4. Tak bicara apapun selama 19 bulan

Jika bayi Anda tak menunjukkan perkembangan dalam bicara hingga usianya 19 bulan, bisa jadi ada kelainan tertentu yang membuat ia jadi seperti itu. Anda sebagai orang tua yang baik tentu saja harus segera mencari tahu penyebabnya agar masalah tersebut bisa diatasi segera. Karena bayi normal, akan mencoba dan banyak latihan bicara bahkan sebelum usianya 19 bulan.

5. Lambat bicara

Jika anak Anda tak bisa menggunakan 2 kata secara bersamaan, sampai usianya 2,5 tahun, bisa jadi itu adalah indikasi adanya keterlambatan bicara. Keterlambatan bicara bisa dilakukan perawatan degan seolah berkebutuhan khusus yang ada di kota Anda. Apapun kondisi anak, ia harus selalu didukung dan disemangati.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *