5 Hal penting yang harus dijaga anak

No Comments 585 Views0


kiii

Ada 5 hal penting dasar yang wajib dan penting untuk dijaga anak sejak dini. Hal tersebut tentu saja sangat penting untuk menjaga hidup mereka tetap selaras dan seimbang setiap harinya. Berikut ini hal penting tersebut.

1. Jaga bicara

Pentingnya menjaga bicara di depan orang lain harus ditanamkan sejak kecil. Anak perlu tahu bagaimana pentingnya pembicaraan yang baik dan hangat untuk berkomunikasi setiap harinya. Dengan berbicara dengan jelas, halus dan bisa dimengerti bahkan jika mungkin diiringi dengan senyuman, tentu akan sangat mudah untuk dipahami dan disenangi lawan bicaranya. Jangan sebaliknya, bicara kasar, tak beraturan dan penuh emosi. Dalam hubungan bermasyarakat saling mengerti dan menghormati akan lebih mendapat respon positif dari lingkungan sekitarnya.

2. Jaga kekebalan tubuh

Kesehatan adalah yang utama. Anda harus aajri anak menjaga kekebalan tubuhnya agar bisa selalu menjalani hari dengan penuh semangat. Kekebalan tubuh membantu anak lebih tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Katakan pada anak untuk memperbanyak air putih, kurangi stress, dan makan yang teratur.

3. Barang berharga

Anak tentu saja harus menjaga barang yang ia miliki dengan baik agar tak kehilangan dan menyesal kemudian. Menjaga barang miliknya menjadi kewajiban masing-masing. Ajarkan keteraturan dan penempatan barang yang baik dan benar sehingga tidak akan kebingungan dimana harus mencari kemudian.

4. Jaga pertemanan

Pertemanan adalah termasuk dalam hal penting dalam hidup seseorang. Anak yang memiliki banyak teman akan bisa bersosialisasi lebih baik dibanding yang tidak. Maka penting membimbing anak memelihara pertemanan yang baik. Jangan melarang jika ia ingin bermain bersama teman-temannya. Ajak pula sesekali teman anak ke rumah untuk memperkuat ikatan pertemanan.

5. Jaga Kebersihan diri

Ini juga termasuk hal dasar yang penting, yaitu menjaga kebersihan diri. Anak harus selalu menjaga badannya tetap bersih dan wangi serta gigi yang terawat selalu. Hal ini akan membantu mereka dalam pertemanan. Kebersihan diri anak bisa didapat dari mandi setiap hari minimal 2 kali sehari. Kebersihan tempat tidur dan kamar juga bisa menjadi patokan kebersihan diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *