5 Hal penting yang harus anak syukuri

No Comments 518 Views0


thank

Banyak hal yang harus disyukuri manusia dalam hidup ini, termasuk juga oleh anak-anak. Anak haruslah diajari bagaimana selalu bersyukur atas banyak hal yang ia terima. Seringkali karena sudah biasa diterima, anak lupa untuk menghargai dan mensyukuri yang ia miliki. Berikut ini yang harus Anda ingatkan pada anak untuk selalu diingat agar tertanam dalam jiwanya rasa terima kasih.

1. Orang tua

Hal paling dasar yang harus disyukuri anak adalah keberadaan orang tua. Orang tua amat berjasa dalam hidup anak, karena seorang anak takkan pernah ada di bumi ini tanpa kehadiran orang tuanya. Katakan pada anak ini adalah berkah paling besar dalam hidupnya yang harus diterima penuh rasa syukur. Sebagai bentuk terima kasih pada orang tua, maka seorang anak harus bersikap hormat dan selalu taat.

2. Keluarga

Bayangkan jika hidup manusia tanpa keluarga. Begitulah yang bisa terjadi pada anak Anda. Anak harus berterima kasih dengan adanya orang tua yang tentu memiliki banyak sanak saudara, hingga hubungan darah melekat dan menjadi dekat. Anak haruslah menghargai dan selalu bersyukur dengan apa yang ia miliki. Punya tempat untuk berbagi, mendukung dikala susah serta selalu bisa mengerti.

3. Teman

Setelah keluarga, orang terdekat anak selanjutnya adalah teman. Dalam kehidupan sosial, manusia harus memiliki teman, dan proses itu dimulai semenjak masih kecil. Ajari anak untuk bersikap ramah dan berinisiatif menjalin pertemanan. Bisa diibaratkan teman adalah saudara kedua yang kita temukan setelah lahir ke dunia.Maka anak haruslah bersyukur jika ia memiliki cukup teman yang baik.

4 Indera penglihatan

Penglihatan menjadi salah satu dari panca indera yang diberikan Tuhan pada manusia. Dengan penglihatan, manusia bisa menyaksikan apa saja yang diciptakan Tuhan di bumi ini. Sering sekali anak tak menyadari bahwa itu patut disyukuri sebagai anugerah dan nikmat. Maka jangan lupakan untuk mengajari anak menjaga penglihatan.

5. Hati

Yang membedakan manusia dan makhluk lain adalah akal dan hatinya. Fungsi utama hati sebagai organ untuk tubuh, namun juga bisa merasakan berbagai macam perasaan. Menjaga hati tetap baik juga menjadi perintah dalam agama.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *