5 Cara kembangkan kemampuan pengasuhan anak

No Comments 468 Views1


d

Untuk bisa mendapatkan kemampuan mengasuh anak yang baik, Anda harus mulai mempelajarinya sejak dini, bahkan jika mungkin sebelum Anda mulai memikirkan tentang momongan. Mengembangkan pola pengasuhan yang praktis dan ampuh, bisa Anda lakukan dengan cara-cara berikut ini.

1. Rencanakan

Pengasuhan anak dilakukan oleh pasangan suami istri. Maka dari itu, jika Anda ingin memberikan pengasuhan yang baik, diskusikan dengan pasangan mengenai apa saja yang hendak ditanamkan, bagaimana mereka ingin membentuk kepribadian si anak. Jika sudah ditemukan kesepakatan, maka tinggal eksekusinya. Keselarasan pikiran antara keduanya akan memudahkan anak untuk menyerap apa yang hendak diajarkan oleh orang tua.

2. Habiskan waktu yang berkualitas

Menghabiskan waktu bersama dengan keluarga adalah hal yang sangat berharga. Belum tentu Anda bisa mendapatkannya setiap saat. Jika ingin lebih dekat dan menjalin hubungan yang kuat dengan anak, habiskan waktu berkualitas bersama, seperti bermain game berdua setelah pulang kerja dan sebagainya.

3. Liburan tanpa gadget

Selain waktu berkualitas, mengasuh anak juga harus di luar rumah sesekali. Selain menyegarkan pikiran, ini juga mengajarkan anak untuk mengenal alam lain yang lebih luas dan indah. Satu hal yang harus diingat adalah selama liburan semua gadget, mulai dari ponsel, laptop, tablet dan sejenisnya menjadi haram untuk dibawa. Biarkan liburan tanpa noda untuk keluarga berjalan sebagaimana mestinya.

4. Sisihkan waktu untuk diri sendiri

Jika Anda ingin memberikan pola pengasuhan terbaik untuk anak, Anda harus menyisihkan waktu untuk diri sendiri. Merawat diri bisa dilakukan di tempat-tempat perawatan tubuh yang tersebar di banyak tempat. Dengan meluangkan waktu untuk diri Anda, akan menyegarkan tubuh dan pikiran sehingga cukup kuat untuk kembali pada tugas sebagai ibu untuk anak.

5. Buat kelompok untuk pengasuhan anak

Dalam kelompok yang Anda buat ini berisikan para ibu muda yang memiliki anak. Memang setiap orang memiliki pengalaman dan peristiwa masing-masing yang tak bisa selalu sama satu dengan yang lainnya. Dalam kelompok ini, Anda bisa mengadakan sharing dan tanya jawab untuk membantu ibu muda dan ibu-ibu lainnya dalam pengasuhan anak. Teman berbagi yang berkelompok dan merasa seperjuangan ini mampu membuat Anda bisa bangkit dan lepas dari stress.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *