4 Cara ini ampuh disiplinkan anak

No Comments 451 Views0


disi

Sedang bingung bagaimana cara yang ampuh untuk mendisiplinkan anak Anda?. Walaupun pendisiplinan tingkah laku dan juga pembentukan karakter bisa dilakukan dengan perlahan, tak ada salahnya Anda mencoba untuk mengajari mereka tentang kedisiplinan sejak awal. Berikut ini cara-cara ampuh untuk mendisiplinkan anak.

1. Terapkan aturan yang masuk akal

Perlu diingat, aturan yang harus Anda terapkan ini adalah yang bisa membimbingnya untuk lebih baik dan juga bisa menjalani kehidupan yang benar. Bukan hanya aturan yang yang disesuaikan dengan standar Anda sebagai orang tua yang ingin anak yang tanpa cela, padahal itu sulit terpenuhi. Anda tak bisa memaksakan diri dan menuntut ia sempurna di usia harusnya ia bisa menikmati masa kecil. Anak-anak memiliki dunianya sendiri yang harus dimengerti orang tua, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang sebagaimana mestinya.

2. Kendalikan emosi sebisa mungkin

Sebagai orang tua yang ingin semua hal yang terbaik untuk sang anak, kadangkala tuntutan tersebut memaksa orang tua untuk menekan anak tanpa ia sadari. Sampaikan aturan dan harapan Anda dengan bijak pada anak, sehingga ia tak harus merasa dituntut tanpa cela dalam menjalani harinya. Jika saja apa yang mereka lakukan tak sesuai dengan harapan Anda, jangan pernah meluapkan emosi. Anda harus mengendalikan diri, tekanlah harapan Anda yang membebani anak. Anak-anak perlu banyak waktu untuk berkembang dengan alami. Jika Anda menggunakan emosi sebagai alat, ia justru akan semakin menjadi.

3. Konsisten

Salah satu cara agar anak bisa disiplin adalah dengan melihat kedisiplinan orang tuanya. Jadilah orang tua yang konsisten dalam nilai dan segala hal yang harus dihadapi, sehingga iapun akan semakin percaya dengan pa yang Anda katakan. Jangan kaget dengan kediplinan yang akan ia tunjukkan jika Anda bisa konsisten dalam semua hal, termasuk juga konsisten untuk menerapkan konsekuensi jika ia melakukan kesalahan.

4. Harus selaras dengan pasangan

Anak-anak akan kebingungan bagaimana mereka harus bersikap jika kedua orang tua memiliki pandangan dan pendapat yang berbeda. Ia akan memilih salah satu orang tua, bisa ayah atau ibunya sebagai orang tua yang baik dan yang lainnya buruk. Ini takkan baik untuk membentuk karakter anak kedepan. Selalu selaraskan pendapat dan pikiran agar wibawa keduanya tetap terjaga di mata anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *