4 Cara buat anak nyaman berpisah

No Comments 504 Views0


ki

Ada suatu masa ketika Anda sebagai orang tua harus dipisahkan dengan anak. Bisa karena banyak alasan, diantaranya mungkin karena ia diajak pergi oleh sanak keluarga yang lain, Anda harus pergi ke luar kota karena keperluan pekerjaan, atau karena memang Anda ingin melatihnya untuk lebih kuat secara mental dan mandiri. Apapun alasannya, berikut ini adalah yang bisa Anda lakukan untuk membuat anak nyaman walaupun berpisah dari orang tuanya.

  1. Buat familiar

Jika Anda ingin memisahkan diri dari anak sementara waktu, cara mudah yang pertama adalah membuat segala sesuatu di sekelilingnya lebih familiar. Anda bisa membuat dia selalu berada dalam lingkungan kekerabatan atau bersama dengan sanak keluarga. Jika Anda harus meninggalkan ia dengan orang lain, maka orang itu adalah keluarga Anda sendiri. Bisa juga dengan menyertakan selimut favorit anak, sehingga ia tak merasakan keasingan dengan apa yang ada di sekitarnya.

  1. Katakan padanya apa yang Anda harap

Walaupun dia masih kecil bahkan masih bayi, Anda harus mengatakan padanya apa saja yang Anda harap ia lakukan atau bisa capai. Katakan bahwa Anda bepergian karena ada urusan yang penting, jadi ia harus bersikap baik pada nenek, paman, ataupun sepupu yang Anda titipkan anak padanya. Jangan Anda kira anak tak memahami, ia justru tahu betul apa yang Anda maksudkan dari intonasi dan cara bicara. Jangan pula abaikan ikatan emosional antara anak dan orang tuanya.

  1. Latihan

Latihan juga menjadi cara penting untuk bisa membuat anak terbiasa. Misalnya saja Anda meninggalkannya sesekali di day care ataupun penitipan anak. Ia tak melihat Anda selama beberapa waktu juga menjadi cara latihan tersendiri untuknya membiasakan diri.

  1. Selalu ucapkan kata perpisahan

Bayi akan bisa terbiasa dengan ucapan perpisahan jika Anda juga biasa mengucapkannya dalam banyak kesempatan. Misalnya saja sebelum tidur, saat Anda hendak bekerja, ataupun saat Anda meinggalkannya di penitipan anak. Jika ini biasa dilakukan, maka ia takkan asing lagi dengan hal tersebut. Pada akhirnya Anda tak perlu banyak khawatir jika meninggalkannya berjauhan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *