Yuk Pelajari Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

No Comments 603 Views0


Yuk Pelajari Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

Anak susah makan menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Orangtua berusaha mencarikan solusi agar si kecil kembali makan dengan lahap. Segala cara ditempuh agar si kecil kembali mendapatkan nafsu makannya, termasuk memberikan suplemen seperti Vitabumin. Apa sih sebetulnya penyebab anak susah makan?

Penyebab anak susah makan salah satunya adalah karena anak sakit. Jika si kecil mengalami sakit tenggorokan, batuk, pilek, demam atau gejala lain maka Anda perlu menyembuhkan sakit si kecil terlebih dahulu. Jika adanya gangguan kesehatan ternyata bukan penyebab hilangnya nafsu makan, maka ada beberapa alasan mengapa anak susah makan diantaranya banyak ngemil makanan ringan, terlalu banyak minum sebelum atau saat makan, dan banyak bermain di luar. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mendorong si kecil makan diantaranya :

Tawarkan makanan sehat yang ia sukai

Cobalah untuk membuat waktu makan lebih menyenangkan bagi anak. Tawarkan makanan yang berbeda dan biarkan mereka memilih makanan yang mereka inginkan. Cobalah untuk berfokus pada makanan yang mereka suka, bukan pada makanan yang mereka inginkan. Berikan contoh bahwa makan itu menyenangkan!

Sajikan porsi kecil namun sering

Anak-anak memiliki perut yang lebih kecil daripada orang dewasa. Mereka tidak makan banyak seperti orang dewasa. Lima atau enam porsi kecil makanan dapat lebih memenuhi kebutuhan kalori anak Anda.

Variasikan menu makanan untuk si kecil

Untuk anak susah makan, cobalah untuk memasukkan makanan dari masing-masing empat kelompok makanan utama seperti Produk gandum (roti, pasta, nasi, sereal, dan produk biji-bijian lain diperkaya dengan zat besi, asam folat dan vitamin B lainnya), sayuran dan buah dalam bentuk kecil, susu, yoghurt, keju dan produk susu lainnya yang menawarkan keseimbangan protein, serta daging tanpa lemak, unggas, dan ikan, serta tahu, kacang-kacangan, dan kacang untuk mencukupi kebutuhan protein, lemak, vitamin dan mineral.

Jangan memaksa si kecil agar mau makan

Waktu makan harus menjadi waktu untuk seluruh keluarga yang menyenangkan. Anda harus mencari cara yang kreatif. Hindarilah membentak dan memarahi anak. Tips lainnya adalah beritahu si kecil 10-15 menit sebelum Anda mempersiapkan makannya dan beri minuman setelah makan selesai.

Selain melakukan cara di atas, berikan pula si kecil suplemen alami untuk menambah nafsu makannya. Vitabumin merupakan solusi penambah nafsu makan anak karena mengandung madu, ekstrak pegagan dan temulawak yang selain terbukti ilmiah dapat meningkatkan nafsu makan anak juga mengandung nutrisi penting lain yang diperlukan oleh anak. Selain itu, Vitabumin juga mengandung ekstrak protein ikan gabus yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel tubuh si kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *