Wah, 5 hal penting ini diabaikan orang tua!

No Comments 415 Views0


yelll

Dalam mendisiplinkan anak, 5 hal ini tak pernah diperhatikan para orang tua, padahal ini yang paling penting untuk diingat dan dilakukan, agar anak Anda benar-benar disiplin dalam arti yang sebenarnya. Mengapa?, karena seringkali peraturan dan beragam larangan yang diterapkan, justru menjadikan anak semakin liar. Maka, kebijaksanaan orang tua menjadi nilai mutlak. Berikut ini 5 hal yang harus diperhatikan orang tua dalam mendidik anak.

1. Buat hukuman sesuai kenakalan

Anak wajar saja berbuat nakal dan tak menurut. Namun, kadangkala perbuatan mereka tak bisa dimaafkan karena beragam alasan.Setelah hal itu terjadi, karena dilanda emosi, seringkali orang tua tak bisa mengendalikan amarahnya. Yang terjadi kemudian adalah mereka menghukum anak terlalu berlebihan. Jika ini yang terjadi, anak bukan tambah baik, justru akan semakin melawan dengan apa yang sudah dilakukan orang tuanya.

2. Banyak peraturan- banyak pelanggaran

Anak memang perlu diatur. Namun, jangan berlebihan. Semakin banyak peraturan maka akan semakin banyak pelanggaran yang akan ia lakukan. Untuk meminimalkan pelanggaran itu, maka Anda sebagai orang tua, harus meminimalkan pula peraturan hidup untuk anak. Buat peraturan yang sederhana namun tetap mampu mengcover perilaku anak.

3. Jangan khawatirkan terlihat buruk di tempat umum

Sebagai orang tua tentu saja harus selalu menjaga perilaku dan tingkah anak. Harus selalu diatur mengenai apa yang boleh dan tak boleh dilakukan di tempat umum. Jika sudah demikian, maka pelatihan bisa dilakukan secara bertahap. Pelan-pelan, ajari anak bersikap terutama jika berada di tempat umum. Namun, dalam prosesnya, tentu saja anak tak selalu bisa melakukan apa yang diinginkan orang tua. Hingga sering pula anak melakukan hal yang membuat malu orang tuanya. Anda tak perlu khawatir dengan hal ini. Biarkan saja orang lain melihat dan menilai. Yang paling penting adalah tumbuh kembang anak Anda.

4. Jangan teriak

Orang tua yang marah dan jengkel akan berteriak dan memaki pada anak, walaupun tak semuanya demikian. Teriakan pada anak akan menyakiti hati mereka, sehingga akan melemahkan mental anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *