Tips jadikan anak lebih tangguh

No Comments 429 Views0


thin

Para orang tua cenderung lebih menyukai anak yang tangguh dan pemberani. Bukan karena bawaan lahir, sebenarnya anak yang tangguh dan mampu menghadapi semua hal yang ia hadapi bisa dibentuk dengan bantuan dari orang tua. Berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan anak lebih tangguh dan pemberani.

  1. Semua hal yang bisa dilihat, bisa dihadapi

Tips ini amat manjur diterapkan pada anak. Katakan padanya, tak ada di dunia ini yang tak bisa kau lalui. Semua hal yang bisa dilihat dan nampak oleh semua indera pasti bisa dilewati dan dilaksanakan. Tak ada alasan untuk ia takut atau menyerah sebelum berjuang. Walaupun di awal langkah pasti berat, namun kemampuan manusia tentu amat lebih baik daripada itu.

  1. Biarkan ia melakukan semua sendiri

Sedari kecilpun ajarkan anak untuk mengambil keputusan sendiri, termasuk juga keinginan ia untuk belajar sesuatu yang sedikit keras atau berbahaya. Anda bisa mendukung dan tetap mengawasi ia untuk menjaga dari jauh. Walaupun memang kekhawatiran wajar dirasakan orang tua, namun biarkan saja. Anak Anda harus belajar mengambil keputusan sejak dini. Ia akan belajar dari luka, dari rasa sakit dan juga pengalaman yang dialami sendiri. Akan berbeda jika semuanya Anda yang menentukan. Anak akan terbiasa disuruh, diperintah dan tak berani menghadapi kehidupan nyata.

  1. Ajak outbond

Selain untuk kesehatan karena bergerak dan menyatu bersama alam. Kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga ini juga amatlah pas jika dilakukan di hari libur. Anak tak hanya akan bahagia bisa menghabiskan waktu bersama, Andapun akan bisa melepas stress yang menyelimuti selama hari kerja. Kegiatan outbond ini mampu memunculkan jiwa pemberani pada anak, mengenalkannya pula pada alam bebas. Anak akan lebih bisa beradaptasi dengan lingkungan, yang pada akhirnya ini akan mengasah kemampuan emosional dan kepemimpinan mereka. Luangkanlah waktu bersama keluarga. Selain mempererat tali kasih, namun juga akan membentuk karakter anak yang tak hanya tangguh, iapun mencintai keluarganya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *