Teliti Sebelum Membeli Madu

No Comments 2991 Views0


5 Fakta Penting Tentang Madu

Sebagai konsumen ketelitian dalam membeli suatu barang atau makanan. Telitilah setiap anda sebelum membeli dan sesudah membeli. Jika anda sudah pernah membeli dengan orang, tempat pedagang dan barang yang anda beli tidak memuaskan jangan sekali lagi percaya dengannya. Disitulah fungsi ketelitian sesudah membeli. Jadikan kepercayaan anda kepada pedagang langganan. Dan jangan mudah tergiyur oleh harga barang  murah. Modus ini biasa banyak dan efektif untuk mengelabuhi konsumen dalam membeli barang. Membedakan barang palsu dan asli menjadi tantangan para konsumen sekarang.

Madu menjadi makanan yang banyak di palsukan oleh para pedagang nakal. Konsumen yang hanya mengetahui tentang madu secara umum saja adalah sasaran utama pedagang nakal tersebut, mereka mempengaruhi dengan berbagai alasan, seperti madu ini dari hutan, ini madu KW, ini madu rejectkan dari pabrik dan sebagainya untuk meyakinkan calon konsumen mereka. Konsumen yang sudah terpengaruh pasti akan membeli madu yang seharusnya tidak ia beli. Efek dari madu palsu akan menganggu kesehatan keluarga anda, maka dari itu membedakan madu asli dan palsu menjadi hal sepele namun penting bagi anda. dan untuk mengetahui lebih dulu ciri masing-masing jenis madu itu.

Sebelum membeli pastikan Anda memperhatikan bagian atas madu. Apakah terlihat jernih atau terdapat endapan berwarna coklat. Jika Anda mendapati endapan tadi, besar kemungkinan madu tersebut tidak murni lagi. Keadaan ini bisa dideteksi jika madu sudah didiamkan beberapa saat.

Setelah itu Kocok-kocoklah botol isi madu itu, jika ada sedikit buih berarti madu itu asli. Madu asli telah melewati proses fermentasi di rumah lebah, sehingga jika di kocok akan menghasilkan gas, gas inilah yang menyebabkan buih, karena itu gas akan menekan tutup botol ke atas, sehingga jika di buka akan menimbulkan suara. Lihat ada kadaluarsanya tidak? Konon madu asli tak mempunyai kadaluarsa, jadi jika anda menemukan madu dengan label expired date bahkan dengan tanggal kadaluarsa yang pendek kemungkinan madu itu palsu karena telah di campur dengan bahan pengawet.

Setelah membeli anda dapat membedakan madu asli dan palsu dengan merasakannya. Madu asli mempunyai rasa khas yang tidak bisa ditiru madu palsu. Madu asli mempunyai rasa manis alami dan tidak terasa asam ditenggorokan. Kadang madu palsu menimbulkan rasa gatal dan kurang nyaman di tenggorokan, itu di sebabkan oleh bahan-bahan campuran yang dicampurkan ke dalam madu palsu tersebut. Kelemahan cara ini adalah sangat sulit membedakan bagi yang sama sekali belum mengetahui ciri-ciri madu. Karena bagi penggemar pemula, semua rasa madu adalah sama, yaitu manis.

Dengan ini diharapkan konsumen menjadi lebih teliti dan bisa membedakan madu asli dan palsu. Karena produsen yang jujur di luar sana masih banyak dan berharap omset dari penjualan madu mereka tidak merosot hanya karena oknum pedagang nakal.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *