Ssst..ada 5 rahasia anak jarang sakit

No Comments 440 Views0


hab

Ada 6 rahasia untuk menjaga anak Anda selalu sehat dan jarang terkena sakit. Kita tahu bersama bahwa memang cuaca ekstrim dan juga radikal bebas yang menghantui umat manusia memang tak bisa terhindarkan. Anda sebagai orang tua cerdas harus melakukan hal ini agar bisa menjaga anak selalu sehat dan jarang terserang penyakit.

1. Jaga kebersihan tangan

Hal pertama yang harus Anda terapkan pada anak agar selalu menjaga kebersihan tangannya, biasakan ia untuk mencuci tangan setiap selesai sekolah, selesai melakukan aktivitas, sebelum makan dan juga selesai bermain. Kesemua aktivitas ini memang amat rentan perkembangbiakan kuman. Maka dari itu sejak kecil biasakan untuk menjaga tangannya selalu bersih dengan mencuci tangan dengan sabun selama 15-20 detik.

2. Selalu aktif

Ajarkan pula anak untuk aktif melakukan banyak hal setiap harinya. Dengan bergerak aktif, semua sel tubuh dan organ akan lebih sehat karena keaktifan ini juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

3. Cukup tidur

Sama seperti orang dewasa yang membutuhkan tidur cukup untuk membantu pemulihan sel tubuh, bayi dan anak-anakpun demikian. Para bayi biasanya memerlukan 14 jam waktu tidur, sedangkan anak-anak 11-13 jam sehari. Pastikan saja waktu tidur mereka terpenuhi dengan waktu bermain dan makan secukupnya. Anak yang cukup tidur, cukup aktivitas dan cukup pula nutrisinya berpotensi tumbuh dan berkembang lebih optimal.

4. Hindarkan menyentuh wajah

Ya, memang sulit dilakukan apalagi dengan banyaknya aktivitas anak yang selalu penuh dengan rasa penasaran, walaupun sudah diantisipasi dengan selalu menjaga kebersihan tangan, namun tetap saja penyebaran kuman lebih cepat lewat mulut, hidung dan juga bagian wajah lainnya. Maka untuk menjaga dari beragam kuman dan bakteri yang mungkin saja ada, biasakan anak untuk tak menyentuh bagian wajah.

5. Makan sehat dan seimbang

Anda harus memberi akanan yang memang bernutrisi pada anak untuk meningkatkan sistem imunnya, Anda bisa memberikan beragam buah berwarna yang kaya akan vitamin C dan sehat serta sayuran untuk menjaga kesehatan tubuh dan sel didalamnya. Nutrisi yang cukup dan seimbang membantunya kebal terhadap virus dan bakteri yang tersebar.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *