Sehatkan Badan Anda Dengan Madu

No Comments 638 Views0


Sehatkan Badan Anda Dengan Madu

Kondisi tubuh yang sehat pasti selalu diinginkan oleh setiap orang. Memiliki tubuh yang sehat akan memiliki semangat yang lebih dalam menjalankan aktivitas. Namun, terkadang terlalu lelah dan perubahan cuaca yang tiba-tiba dapat membuat tubuh menjadi kurang sehat. Sakit merupakan kondisi tubuh yang terjadi karena adanya infeksi bakteri atau virus. Sakit dapat disebabkan karena sistem imunitas atau daya tahan tubuh yang rendah. Daya tahan tubuh yang rendah dapat disebabkan karena tubuh kekurangan zat gizi, paparan zat berbahaya (seperti pestisida atau fungisida), stress, penyalahgunaan anti-biotik, kurang istirahat, olahraga yang berlebihan dan makanan berkolesterol tinggi.

Kondisi badan yang kurang sehat dapat menyebabkan tubuh lebih mudah terinfeksi bakteri dan virus penyebab penyakit. Salah satu manfaat madu yaitu untuk membersihkan infeksi akibat bakteri dan virus dengan merangsangkan pembentukan sistem imunitas yang melawan infeksi. Madu juga diketahui mampu mengubah ketersediaan glukosa untuk memproduksi hidrogen peroksida yang berperan dalam melawan aktivitas bakteri dan virus.

Madu mengandung anti-bakteri, anti-fungi, dan anti-viral yang mampu melawan kuman penyebab penyakit dan mempercepat proses penyembuhan. Konsumsi madu dan bubuk kayu manis secara rutin akan meningkatkan sistem imunitas tubuh dan melindungi tubuh dari serangan penyakit. Penelitian menunjukkan madu mengandung berbagai macam vitamin dan zat besi dalam jumlah yang banyak. Madu yang dikonsumsi secara rutin mampu meningkatkan jumlah sel darah putih yang berperan dalam pembentukan sistem imunitas dan mampu melawan kuman penyebab penyakit.

Madu juga dapat mengatasi kelelahan setelah melakukan banyak aktivitas pada siang hari. Penelitian menunjukkan komponen gula pada madu bermanfaat pada stamina tubuh. Seseorang yang mengkonsumsi madu dan bubuk kayu manis terlihat lebih aktif dan siap dalam melaksanakan aktivitasnya. Seorang dokter menyarankan untuk meminum segelas air yang dicampur dengan setengah sendok makan madu dan sedikit bubuk air putih untuk meningkatkan stamina tubuh. Minum campuran madu dan bubuk kayu manis tersebut rutin setiap hari setelah berkumur di pagi hari dan pada siang hari sekitar pukul 15.00 untuk mengembalikan stamina tubuh. Madu dapat berperan sebagai sumber karbohidrat. Tambahkan madu dan buah segar kedalam yogurt rendah lemak untuk ketersediaan energi. Madu juga dapat dinikmati dengan melarutkan sesendok madu pada segelas air dan meminumnya sebelum beraktivitas.

Konsumsi buah dan sayur yang beraneka jenis dan seimbang, olahraga yang rutin, serta pola makan yang sehat akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, konsumsi madu juga dapat digunakan sebagai nutrisi pendamping untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Madu juga akan membantu mendapatkan istirahat atau tidur yang cukup untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Meminum madu rutin pada malam hari akan membantu dalam mengatasi kesulitan tidur. Madu mampu menurunkan tingkat kegelisahan sehingga kita dapat beristirahat secara optimal. Selamat mencoba khasiat madu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *