Peringatkan anak 5 hal penting ini

No Comments 440 Views0


str

Memperingatkan anak banyak hal dalam kaitannya dalam kehidupan sehari-hari adalah kewajiban penting yang harus dilakukan. Anak-anak perlu belajar banyak hal agar hidup sesuai dengan kaidah dan norma dalam masyarakat. Berikut ini ada 5 hal dalam perilaku anak yang harus selalu Anda peringatkan pada mereka untuk diperhatikan.

1.  Makan yang diberi orang asing

Anak pasti masih sangat polos dan kurang paham betapa kejamnya dunia. Bisa jadi ia akan mudah percaya dengan banyak orang termasuk orang yang baru ia kenal, ditambah lagi kadangkala orang asing ini menampakkan sikap dan wajah yang baik dan menyenangkan. Peringatkan anak untuk berhati-hati dengan orang asing yang mereka kenal dimanapun, jika tanpa pengawasan dari orang tua atau saat ia sendirian, apalagi menerima pemberiannya. Hal ini tentu saja sebagai tindakan preventif untuk melindungi anak dari beragam kejahatan.

3.Buang air kecil di toilet, bukan di jalan

Kadangkala ini hal sepele yang jarang diperhatikan banyak orang tua. Bisa jadi mereka sedang berada dalam keadaan terdesak, maka untuk mempersingkat waktu buang air kecil di pinggir jalan. Hal ini selain kurang sopan juga tak etis. Anda harus memperingatkan mereka untuk selalu menjaga norma dengan selalu buang air kecil di toilet.

4. Mengunyah dengan mulut tertutup

Sebagai orang tua yang tau adat, biasakan anak untuk mengunyah akanan selalu dalam keadaan mulut tertutup, jangan dibiarkan terbuka. Mengunyah dalam keadaan mulut yang terbuka akan menimbulkan bunyi yang kurang nyaman didengar, selain juga tak etis apalagi jika dilakukan di depan banyak orang. Jaga selalu harga diri dengan mengajarkan anak sopan santun, termasuk dalam hal sepele seperti proses mengunyah makanan.

5. Tidur di sembarang tempat

Setiap anak tentu memiliki kamar sendiri. Maka menjadi suatu persoalan jika kemudian ia memilih untuk tidur di tempat yang kurang pas dan tidak semestinya, seperti di ruang tamu, depan televisi, dan bahkan di kursi. Ingatkan selalu ia untuk tidur di tempat yang benar dan aman, yaitu di kamar tidurnya. Sejak kecil biasakan ia untuk selalu berada di tempat yang benar ketika tidur. Banyak kemungkinan yang akan terjadi jika ia tak mengindahkan peringatan ini. Selain itu, ketika anak tidur di sembarang tempat, apalagi anak perempuan, hal tersebut bisa dianggap perilaku yang kurang sopan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *