Nutrisi Yang Dibutuhkan Oleh Anak

No Comments 684 Views0


Cara Ampuh Obati Luka Anak

Anak-anak perlu mendapatkan kebutuhan nutrisi yang tepat dan kasih sayang yang cukup dari orangtua. Anak susah makan tak jarang terlihat lebih kurus dan kurang aktif dibandingkan anak yang lainnya. Tumbuh kembang pada anak susah makan akan lebih melambat karena nutrisi dalam tubuh mereka tidak tercukupi. Apa saja nutrisi yang dibutuhkan oleh anak terutama anak susah makan? Berikut kami sampaikan rinciannya :

  1. Protein

Protein membantu tubuh anak susah makan membangun sel-sel, memecah makanan menjadi energi, melawan infeksi, dan membawa oksigen. Makanan yang mengandung kadar protein yang tinggi meliputi : daging, daging unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, kacang, produk susu.

  1. Karbohidrat

Karbohidrat membantu tubuh anak untuk menggunakan lemak dan protein dalam membangun dan memperbaiki jaringan. Makanan yang mengandung tingkat tinggi karbohidrat : roti, sereal, beras, kerupuk, pasta, kentang.

  1. Lemak

Lemak penting dalam membantu tubuh menggunakan beberapa nutrisi lain yang dibutuhkan. Makanan yang mengandung kadar tinggi lemak: seluruh produk susu susu, minyak goreng, daging, ikan, kacang-kacangan.

  1. Kalsium

Kalsium sangat penting dalam membantu membangun tulang dan gigi yang sehat. Makanan yang mengandung tingkat tinggi kalsium: susu, keju, yogurt, es krim, kuning telur, brokoli, bayam, tahu.

  1. Zat Besi

Zat besi diperlukan bagi seorang anak untuk membangun darah yang sehat yang membawa oksigen ke sel-sel di seluruh tubuh. Makanan yang mengandung tingkat tinggi zat besi: daging merah, hati, daging unggas, kerang-kerangan, seluruh biji-bijian, kacang-kacangan.

  1. Folat

Folat diperlukan untuk pertumbuhan yang sehat pada perkembangan anak. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan anemia. Makanan yang mengandung kadar tinggi asam folat : sereal gandum, buncis, asparagus, bayam, kubis.

  1. Serat

Serat membantu kerja usus pada anak. Serat memainkan peran dalam mengurangi kemungkinan penyakit jantung dan kanker di kemudian hari. Makanan yang mengandung kadar tinggi serat: sereal gandum, buncis, kacang merah, dan kacang-kacangan.

  1. Vitamin A

Vitamin A membantu pertumbuhan, membantu mata dalam menyesuaikan diri dengan kegelapan dan lampu terang, membuat kulit sehat, dan mencegah infeksi. Makanan yang mengandung kadar tinggi vitamin A : wortel, ubi jalar, labu, aprikot, bayam, brokoli, kubis, minyak ikan, dan kuning telur.

  1. Vitamin C

Vitamin C bermanfaat melawan virus influenza serta memperkuat tulang dan gigi. Anak susah makan tak jarang sering sakit salah satunya karena kekurangan vitamin C. Makanan yang mengandung kadar tinggi vitamin C antara lain: buah jeruk, stroberi, tomat, kentang, melon, kubis, brokoli, kembang kol, bayam, pepaya, mangga.

Selain memenuhi sembilan nutrisi di atas, berikan pula si kecil suplemen alami untuk menambah nafsu makannya. Vitabumin merupakan solusi penambah nafsu makan anak karena mengandung madu, ekstrak pegagan dan temulawak yang selain terbukti ilmiah dapat meningkatkan nafsu makan anak juga mengandung nutrisi penting lain yang diperlukan oleh anak. Selain itu, Vitabumin juga mengandung ekstrak protein ikan gabus yang dibutuhkan untuk pertumbuhan sel-sel tubuh si kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *