Mineral Penting pada Ekstrak Ikan Gabus

No Comments 680 Views0


Mineral Penting pada Ekstrak Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi oleh masyarakat. Ternyata, ikan gabus memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ikan gabus dapat dilakukan pengekstrasian untuk mendapatkan nutrisi tersebut. Nutrisi yang terkandung pada ekstrak ikan gabus diantaranya protein albumin, lemak, glukosa, dan beberapa mineral penting seperti Calcium (Ca), Iron (Fe), Magnesium (Mg), Zinc (Zn), dan Copper (Cu). Berikut sedikit penjelasan tentang mineral yang terkandun pada ekstrak ikan gabus.

Calcium (Ca)

Ca merupakan mineral yang banyak terdapat pada tubuh manusia (2% dari berat tubuh) dan sebagai mineral esensial yang dibutuhkan untuk pembentukan tulang dan gigi, pembekuan darah, komponen pada susu, vitamin D, penyerapan, dan lain sebagainya. Kekurangan Ca akan menyebabkan rakhitis, osteomalacia dan osteoporosis (pengkeroposan tulang).

Iron (Fe)

Fe merupakan makronutrisi (nutrisi yang dibutuhkan dalam jumlah banyak). Mineral Fe sangat esensial dan sebagai pendukung kehidupan pada hewan dan manusia. Ikan merupakan salah satu sumber Fe yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Fe pada ekstrak ikan gabus berperan penting dalam metabolisme sel sebagai pengaktif komponen pada beberapa enzim, terutama yang berkaitan dengan respirasi mitokondria. Fe berfungsi dalam transportasi oksigen ke jaringan (hemoglobin) dan berhubungan dengan respirasi sel. Kekurangan Fe akan menyebabkan anemia (kekurangan darah) yang sering dialami oleh anak-anak, anak remaja putri, dan ibu yang sedang menyusui.

Magnesium (Mg)

Mg merupakan unsur yang sangat penting. Di Amerika Serikat, suplemen Mg paling sering dimanfaatkan oleh orang yang sedang menjalani terapi. Ekstrak ikan gabus juga dapat digunakan sebagai suplemen Mg.

Zinc (Zn)

Zn merupakan unsur yang dibutuhkan untuk hewan, manusia, dan tanaman. Meskipun di dalam tubuh manusia hanya mengandung 0,003% Zn, namun Zn merupakan unsue yang menyusun 110 metalloenzymes (alcohol dehydrogenate lactate dehydrogenate, glutamate dehydrogenate, carboxy peptidases A dan B, carbonic anhydrate, dan sebagainya) serta komponen sel lainnya. Zn sangat dibutuhkan untuk sintesis protein, yaitu pada RNA dan DNA. Zn juga membantu transportasi vitamin A. Peningkatan rasio Zn dan Cu terjadi karena adanya peningkatan konsentrasi kolesterol pada plasma darah, sehingga akan meningkatkan resiko jantung koroner. Kadar Zn dalam darah akan meningkat 2 hingga 3 hari setelah serangan jantung terjadi. Penelitian menunjukkan, meningkatnya kadar Zn dalam darah dapat melindungi jantung dari kerusakan setelah terjadi serangan jantung. Selain itu, kekurangan Zn akan menyebabkan terhambatnya pertumbuhan, anemia, dan lemahnya perkembangan seksual, perubahan kulit, kehilangan nafsu makan, serta bintik putih pada kuku. Kekurangan Zn dapat dipenuhi dengan mengkonsumsi ekstrak ikan gabus.

Copper (Cu)

Mineral Cu merupakan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Cu pada ekstrak ikan gabus berperan penting dalam fungsi enzim, terutama amine oxidase dan pyridoxal phosphate. Cu berperan dalam mengatur integritas membran myelin, formasi pada tulang dan syaraf penghubung, melanin pada kulit dan rambut, serta menormalkan fungi jantung dan organ reproduksi. Kekurangan Cu dapat mengakibatkan menurunnya sistem imunitas, fungsi reticule endothelial, dan aktivitas phagocytes.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *