Membedakan Madu Asli dan Palsu

No Comments 1923 Views0


Madu Asli dan Madu Palsu

Munculnya pedagang nakal yang menjual madu palsu membuat para konsumen seperti anda selalu berpikir dua kali untuk membeli madu yang di jualnya.

Kebanyakan besar dari anda pasti akan berfikir jelek bahwa madu yang ditawarkan pada kita adalah madu palsu apalagi dengan harga yang cukup murah. Maka di perlukan kehati-hatian dan harus waspada terhadap barang palsu. Produk yang terdaftar di badan BPOM juga harus kita curigai apabila kemasannya sudah mencurigakan. 

Intinya mudah saja, jika anda curiga dan tidak yakin dengan produk itu, jangan membelinya. Namun jika anda hanya berfokus pada harga yang murah, itu berarti resiko akan di tanggung oleh semua keluarga anda, karena saya yakin madu tersebut akan di konsumsi oleh seluruh keluarga anda. Memang untuk membedakan antara madu asli dengan yang palsu susah apalagi kita tidak terbiasa untuk mengkonsumsinya.

Madu palsu yang beredar di pasaran, jenisnya berbeda-beda. Mulai dari campuran antara madu asli dengan cairan gula sampai tanpa ada unsur madu aslinya pun juga ada. Kita sebagai konsumen dituntut lebih ccermat sebelum membeli produk madu yang ditawarkan, jangan sampai manfaat yang seharusnya kita dapatkan dari madu asli, tidak kita peroleh malah membuat efek negatif pada kesehatan tubuh kita. Berikut beberapa cara membedakan madu asli dengan madu palsu :

  1. Dibakar di atas sendok.

Taruhlah madu pada sebuah sendok logam. Bakar bagian bawah sendok dengan api/lilin. Madu yang asli akan mendidih hingga busanya tumpah dari sendok, sedangkan yang palsu, meskipun mendidih namun busa tak sampai tumpah.

  1. Dengan kertas koran.

Teteskan madu pada kertas tipis/koran. Madu yang asli tidak akan membuat kertas basah/robek. Sedangkan madu palsu akan terserap ke dalam kertas, karena kandungan airnya yang lebih tinggi.

  1. Menggunakan api.

Masukkan batang korek api ke dalam madu beberapa saat. Ambil dan pantikkan/gesekkan agar menyala. Bila madu asli, korek akan tetap bisa menyala, dan sebaliknya.

  1. Dengan segelas air.

Teteskan setetes madu ke dalam segelas air. Madu asli akan langsung jatuh ke dasar gelas dan tetap terlihat berkumpul/tidak larut dengan air.

  1. Dicampur kuning telur.

Campur dan aduk madu dengan kuning telur. Bila madu asli, telur akan berubah warna dan terlihat seperti setengah matang.

Semoga dengan bertambahnya pengetahuan konsumen, menjadi sebuah wacana untuk selalu waspada kepada penjual nakal yang selalu mencari untung untuk diri mereka sendiri. Seharunya sudah ada pengawasan yang ketat dari pemerintah tentang komoditas madu. Karena pasar selalu membutuhkan madu sebagai makanan kaya akan gizi. Karena jika masyarakat sehat dan cerdas maka harapan yang cerah menanti negara ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *