Melatih Kebiasaan Berpuasa pada Anak

No Comments 548 Views0


Agen Vitabumin Suplemen Khusus Anak

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh umat Muslim di seluruh penjuru dunia karena diyakini sebagai bulan yang penuh berkah. Bulan Ramadhan identik dengan berpuasa dan kegiatan amal lainnya selama sebulan dan diwajibkan berpuasa untuk semua umat Muslim. Anak-anak cenderung ingin mengikuti kebiasaan yang dilakukan keluarganya selama bulan Ramadhan, namun beberapa orang tua tidak tega menyuruh anaknya yang masih kecil untuk ikut berpuasa. Kebiasaan puasa dapat diajarkan kepada anak sedari dini untuk melatih kemampuan dan kesanggupannya dalam menghadapi bulan Ramadhan di tahun berikutnya. Anak kecil tidak perlu disuruh untuk melakukan puasa sehari penuh, namun dapat melalui beberapa tahap tergantung dari umur anak. Kebiasaan yang mereka lakukan dari kecil akan mempermudah anak dalam menjalankan ibadah puasanya kelak. Selain diberikan nutrisi yang lengkap dan seimbang pada saat sahur dan berbuka, Bunda juga perlu memberikan madu untuk menambah stamina anak dalam menjalankan puasa.

Madu telah lama dipercaya dan dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan stamina tubuh. Madu mampu meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit, meskipun di saat puasa sekalipun. Komponen gula pada madu juga telah terbukti mampu menjaga stamina tubuh, sehingga anak menjadi lebih segar dalam menjalanka ibadah puasa. Selain itu, madu juga berfungsi sebagai sumber karbohidrat yang dapat digunakan sebagai sumber energi, terutama pada saat berpuasa. Rasa yang manis pada madu dapat digunakan sebagai pengganti gula pada minuman anak pada saat sahur dan berbuka sebagai nutrisi pendamping anak dalam berpuasa. Meskipun anak  hanya sanggup untuk berpuasa setengah hari, Bunda juga perlu memberikan madu pada saat anak “berbuka” untuk mengembalikan energi anak. Setelah energinya kembali, anak akan lebih bersemangat dalam berpuasa. Madu juga dapat diberikan kepada anak yang ikut dalam perjalanan jauh atau mudik ke kampung halaman. Nutrisi pada madu akan membantu menjaga kesehatan dan stamina tubuh anak selama perjalanan. Selain itu, usia dan kenyamanan anak juga perlu diperhatikan agar anak tetap sehat dan ceria selama perjalanan.

Beberapa penelitian juga telah membuktikan, madu tidak hanya mampu menjaga kesehatan dan stamina, namun juga mampu mengobati berbagai jenis penyakit, meningkatkan nafsu makan anak, serta sebagai nutrisi pertumbuhan tulang dan gigi serta perkembangan otak anak. Namun, konsumsi madu tidak dianjurkan untuk anak yang berusia dibawah 1 tahun karena dapat mengakibatkan keracunan. Madu dapat terkontaminasi oleh spora yang mampu menimbulkan toksik atau racun. Anak yang berusia dibawah 1 tahun dapat mengalami keracunan karena organ pencernaannya yang belum sempurna sehingga tidak mampu melawan racun yang ditimbulkan oleh spora tersebut. Meskipun demikian, madu sangat aman dikonsumsi oleh anak yang berusia 1 tahun keatas. Organ pencernaan pada anak yang berusia 1 tahun lebih sempurna dan mampu menetralisir racun dari spora pada madu. Madu sangat aman dikonsumsi oleh anak yang berusia mulai 1 tahun dan bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Selamat mencoba khasiat madu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *