Manfaat Madu Untuk Masalah Kegemukan Anak

No Comments 818 Views0


Madu Asli dan Madu Palsu

Madu untuk anak dapat menjadi solusi bagi anak yang mengalami kelebihan berat badan, berikut pembahasannya :

Terlalu sedikit berolahraga, konsumsi fast food atau makanan terlalu banyak sebagian besar dari kita tahu inilah penyebab dari obesitas. Penyebab obesitas sangatlah kompleks seperti faktor genetik, biologis, perilaku dan budaya. Pada dasarnya, obesitas terjadi ketika seseorang makan lebih banyak kalori daripada kalori yang mampu dibakar oleh tubuh. Jika salah satu orangtua gemuk, 50 persen kemungkinan bahwa anak-anak mereka juga akan gemuk. Namun, bila kedua orangtua gemuk, anak-anak memiliki peluang 80 persen menjadi obesitas.

Meskipun gangguan medis tertentu dapat menyebabkan obesitas, kurang dari 1 persen dari semua obesitas disebabkan oleh masalah fisik. Jumlah tidur anak Anda mungkin akan sama pentingnya, menurut studi dalam Archives of Disease in Childhood. Para peneliti menemukan bahwa anak-anak yang tidur kurang dari jumlah yang disarankan pada usia 2 tahun lebih cenderung menjadi gemuk pada usia 7 tahun. Demikian perlunya konsumsi madu untuk anak pada usia di atas 1 tahun. Berikut penyebab kegemukan atau obesitas pada anak :

  1. Pola makan yang buruk
  2. Makan atau ngemil terlalu banyak
  3. Kurangnya olahraga
  4. Riwayat keluarga mengidap obesitas

Madu mengandung unsur gula yang sangat besar sebagai penghasil stamina yang mampu menambah kekuatan tubuh yang kemudian membuat kita bisa menahan lapar. Hal ini terjadi karena madu bisa memasok tenaga untuk beraktfitas seharian tanpa kita perlu memenuhi nafsu makan yang bisa mengakibatkan kegemukan. Madu dapat mengatasi masalah kegemukan , Oleh karena itu, Anda yang memiliki masalah dengan kelebihan bobot tubuh, bisa menjadikan catatan ini sebagai cara mengatasi kegemukan.

Dalam satu sendok madu untuk anak kurang lebih terkandung 65 kalori. Berarti jika kita minum dua sendok madu di pagi hari, sama saja dengan mendapatkan asupan tenaga untuk beraktifitas untuk 2 – 3 jam. Jika dibandingkan dengan jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu 40% lebih rendah. Walau memberi energi yang besar, madu tidak menambah berat badan. Untuk menurunkan berat badan, Anda dapat meminum madu 3 – 4 sendok makan di pagi hari dan bisa ditambah satu atau dua sendok makan sekitar jam 10 pagi.

Dengan cara ini Anda tidak akan terasa lapar pada siang hari karena energi masih cukup. Di malam hari Anda bisa minum dua sendok makan sebelum makan malam. Cara lain untuk mengurangi berat badan, minum segelas air yang direbus bersama madu dan bubuk kayu manis setiap pagi 30 menit sebelum sarapan atau saat perut masih kosong.

Bila dilakukan secara teratur dapat mengurangi berat badan, bahkan bagi anak yang sangat gemuk, minum ramuan ini secara teratur akan mencegah lemak terakumulasi dalam tubuh, meski tetap makan makanan kalori tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *