Manfaat Madu Murni Untuk Obat Batuk

No Comments 647 Views0


Madu Makanan Yang Baik Saat Makan

Selain berfungsi sebagai pemanis alami yang lezat, madu juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Studi yang dilakukan Penn State College of Medicine menemukan, madu bisa dijadikan alternatif obat batuk anak yang aman dan alami. Jika anak minum madu sebelum tidur, batuk dan masalah tidur anak Anda pada malam hari akan berkurang.

Jadi, madu lebih baik dibandingkan dextromethorpan, yaitu kandungan yang biasa terdapat dalam obat batuk. Hasil penelitian ini semakin mendapat perhatian sejak komisi Food and Drug Administration tidak merekomendasikan penggunaan obat batuk dan pilek secara berlebihan pada anak di bawah 6 tahun.

Selain khasiatnya kurang efektif, berbagai obat batuk dan pilek berpotensi menimbulkan efek samping.

Jenis & Khasiat Madu

Madu adalah cairan yang dihasilkan lebah madu dari bahan baku nektar (senyawa kompleks yang dihasilkan kelenjar tanaman dalam bentuk larutan gula). Di pasaran, banyak beredar aneka jenis madu, mulai dari madu dengan nama bunga-bungaan (madu leci, lavender, dan manuka), madu dengan campuran rempah, hingga madu dengan campuran royal jeli.

Setiap jenis madu diklaim memiliki khasiat berbeda bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan imunitas, memelihara stamina, menambah energi, dll.

Dari kacamata ilmu gizi, menurut Emilia, semua jenis madu  memiliki kandungan nutrisi yang relatif sama. Mayoritas komposisi madu terdiri atas gula, yaitu fruktosa dan glukosa. Yang membedakan mereka adalah aroma yang didapat dari jenis bunga penghasil nektar.

“Madu plus royal jeli adalah madu yang di dalamnya diberi tambahan kandungan royal jeli, yakni makanan yang diproduksi di dalam mulut ratu lebah untuk kemudian diberikan pada anak-anak lebah,” jelas Emilia.

Penelitian menyatakan, selain mengandung lemak dan gula, royal jeli memiliki kandungan protein yang amat tinggi. Hingga kini, belum ada bukti klinis yang menyebutkan konsumsi royal jeli memiliki manfaat secara langsung terhadap kondisi tubuh.

Terlebih, dibandingkan jenis madu biasa, harga madu dengan royal jeli jauh lebih mahal. Yang penting, usahakan memilih jenis madu murni bukan madu sintetik, agar Anda bisa mendapat manfaat secara optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *