Manfaat Madu Asli untuk Kesehatan Tubuh

No Comments 727 Views0


Manfaat Madu Asli untuk Kesehatan Tubuh

Madu asli merupakan cairan manis yang berasal dari nektar tanaman berbunga. Madu asli memiliki kandungan vitamin, mineral, enzim, anti-oksidan, fitonutrien dan komponen lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Madu asli telah digunakan selama 10.000 tahun dan terbukti berperan penting dalam menjaga kesehatan, penyembuh penyakit, serta bagian dari agama dan tradisi budaya. Selain berfungsi sebagai pemanis alami, madu asli dapat pula digunakan sebagai sumber energi yang cepat tersedia.

Madu asli dapat berbentuk cair maupun padat. Namun, apabila Anda membeli madu asli yang berbentuk cairan, dapat terjadi kemungkinan madu asli tersebut mengalami proses kristalisasi. Madu asli yang sudah membentuk kristal masih dapat dikonsumsi dan masih memiliki rasa yang lezat. Madu asli juga dapat digunakan untuk olesan roti atau pancake. Kandungan enzim amilase pada madu asli mampu membantu menghancurkan pati kompleks atau gula dalam roti, sehingga tubuh akan lebih mudah mencerna makanan.

Warna madu asli dapat bervariasi dari putih, kuning, dan bahkan coklat. Semua karakteristik warna ini akan tergantung pada nektar jenis bunga. Adanya serbuk sari, honey comb dan propolis dapat dijadikan penanda bahwa madu tersebut adalah madu asli.

Selain rasa dan aroma, warna juga digunakan untuk karakterisasi madu asli. Umumnya, madu asli yang berwarna terang memiliki rasa yang lebih ringan daripada madu asli yang berwarna gelap. Warna dan rasa dari madu asli juga ditentukan oleh sumber nektar tanaman berbunga. Namun, paparan panas dan lama penyimpanan juga dapat mempengaruhi kualitas dan warna madu. Madu asli dapat berubah warna menjadi sedikit gelap karena madu disimpan pada suhu yang tinggi.

Kandungan anti-bakteri, anti-virus, anti-jamur, ekspektoran dan anti-inflamasi pada madu asli dapat mengobati penyakit pernapasan seperti asma dan bronkitis. Madu asli juga memiliki manfaat untuk menstabilkan kadar tekanan darah, mengurangi rasa sakit, menyeimbangkan kadar gula, menenangkan saraf. Selain itu, madu asli dapat meningkatkan kesehatan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi gejala alergi, obat untuk luka kulit dan infeksi, misalnya bisul.

Madu asli juga mengandung anti-oksidan. Anti-oksidan merupakan senyawa yang dapat menghentikan oksidasi dan mampu menetralisir efek radikal bebas yang dapat menyebabkan masalah bagi tubuh. Meningkatnya tingkat anti-oksidan akan melindungi tubuh dari kerusakan sel dan juga untuk menghentikan perkembangan penyakit kronis.

Untuk mendapatkan madu asli, Anda dapat membelinya langsung ke peternakan lebah sehingga kualitas madu masih terjamin. Beberapa jenis madu asli akan berwarna sedikit keruh dan terdapat butiran kristal yang bertekstur halus. Madu asli biasanya berisi partikel yang berasal dari serbuk sari, propolis, comb honey, dan terkadang beberapa potong sayap lebah. Propolis madu mengandung lebih dari seratus delapan puluh senyawa meliputi asam caffeic phenethyl ester yang mampu menghambat pertumbuhan  sel kanker.

Banyaknya manfaat dari madu asli telah terbukti secara klinis. Beberapa penelitian juga telah menyarankan penggunaan madu sebagai nutrisi kesehatan dan pengobatan alternatif. Masyarakat kemudian berbondong-bondong beralih ke madu asli untuk pemanis alami yang berfungsi ganda sebagai menjaga kesehatan mereka. Selamat mencoba khasiat madu asli.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *