MALNUTRISI HAMBAT TUMBUH KEMBANG ANAK

No Comments 965 Views0


Cara Ampuh Obati Luka Anak

Anak kurang gizi mengalami keterlambatan perkembangan, penurunan berat badan dan penyakit sebagai akibat dari kurangnya asupan protein, kalori dan nutrisi lainnya. Anak-anak yang kurang mendapatan perhatian pada pola makannya sering mengalami kekurangan nutrisi. Anak seperti ini beresiko mengalami dampak jangka pendek hingga jangka panjang pada pertumbuhannya.

Dampak Jangka Pendek

Karena begitu banyak perkembangan yang terjadi dalam beberapa tahun pertama kehidupan, kekurangan gizi menyebabkan lemahnya kekebalan tubuh anak dan gangguan tumbuh kembang.

  1. Lemahnya kekebalan tubuh anak

Malnutrisi dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh anak dan ini membuat mereka lebih rentan terhadap penyakit menular. Apalagi di asrama anak yang praktek sanitasinya buruk, anak-anak rentan terhadap infeksi dari anak-anak lain atau pengasuhnya. Bila seng, besi dan vitamin A yang masuk ke tubuh anak kurang, maka akan menyebabkan kekebalan tubuhnya menjadi lemah.

  1. Gangguan tumbuh kembang anak

Seorang anak bisa menderita infeksi karena mengalami malnutrisi atau gizi buruk. Pada gilirannya, infeksi menyebabkan kekurangan gizi karena nutrisi tidak dapat diserap dengan baik. Akibatnya, kekurangan gizi dan adanya infeksi menyebabkan gangguan pada pertumbuhan. Selain itu, kekurangan salah satu nutrisi dapat menyebabkan kekurangan gizi di lain. Misalnya, kekurangan zat besi, magnesium dan seng dapat menyebabkan anoreksia dan dengan demikian mengakibatkan berkurangnya asupan nutrisi penting lainnya seperti protein. Asupan lemak yang rendah juga dapat mempengaruhi penyerapan vitamin yang larut dalam lemak penting seperti vitamin A dan D. Kekurangan seng dan protein dapat menghambat pertumbuhan tulang.

Dampak Jangka Panjang

Dampak jangka pendek gizi buruk akhirnya memberi jalan untuk komplikasi jangka panjang, seperti melambatnya pertumbuhan dan kemampuan kognitif.

  1. Lambatnya pertumbuhan

Malnutrisi tidak hanya memperlambat pertumbuhan dalam jangka pendek, tapi juga membatasi pertumbuhan tulang dalam jangka panjang. Selain itu, anak-anak yang terlanjur memiliki tinggi badan rendah di saat remaja tidak pernah dapat kembali potensi pertumbuhan yang hilang jika mereka terus hidup dalam situasi kurang gizi. Jadi, mumpung anak masih kecil, usahakan untuk memaksimalkan tumbuh kembang anak, salah satunya memaksimalkan tinggi badannya.

  1. Lambatnya kemampuan kognitif

Malnutrisi juga mengganggu perkembangan otak. Ini menyebabkan keterlambatan dalam motorik dan perkembangan kognitif, seperti mengalami gangguan perhatian, skor IQ menurun, memori lemah, keterampilan sosial berkurang, perkembangan bahasa berkurang, dan kemampuan pemecahan masalah berkurang.

Untuk mengatasi gangguan pada tumbuh kembang anak karena malnutrisi, atasilah penurunan nafsu makan pada diri anak. Ketahui penyebab si kecil susah makan, misalnya karena sebab psikis seperti tidak berselera makan atau sebab fisik seperti sedang merasakan sakit. Dukung tumbuh kembang anak dengan madu Vitabumin. Vitabumin mengandung madu alami yang terbukti efektif menambah nafsu makan anak. Juga diperkaya dengan ekstrak temulawak, pegagan, dan protein albumin ikan gabus yang efektif mendukung perkembang fisik dan mental anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *