Makanan Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

No Comments 849 Views0


CARA MENAMBAH NAFSU MAKAN ANAK
Makanan Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Makanan Untuk Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Tahukah Anda? Di kota-kota besar seperti Jakarta mungkin anda pernah menjumpai catering yang menyediakan makanan khusus untuk anak-anak. Usaha seperti ini berkembang di kota besar, selain karena faktor kesibukan orang tua terutama mama untuk membuatkan makanan yang sehat, juga karena faktor intern dari si anak yang suka memilih-milih makanan. Alih-alih menggantungkan diri pada catering, orang tua sangat bisa membuatkan sendiri makanan untuk anak yang tentunya selain lebih hemat juga lebih sehat karena komposisinya bisa diatur sendiri.

Makanan seenak apapun apabila diberikan kepada orang dewasa maka akan cepat dilahap oleh orang dewasa. Namun, bagaimana dengan anak-anak? Seringkali mereka memilih-milih makanan berdasarkan faktor rasa dan mood mereka pun ikut menentukan minat mereka terhadap makanan. Sehingga, anak-anak perlu dirangsang nafsu makanannya untuk membantu mereka mendapatkan atau mempertahankan berat badan yang sehat. Ma, yuk contek beberapa tipe makanan yang meningkatkan nafsu makan anak.

Berbumbu dengan rasa yang menarik

Eksplorasikan cara memasak Mama mulai dari sekarang. Mama bisa mencoba memasak aneka makanan dengan berbumbu dan bukan hanya sayuran bening saja. Tahukah Anda? Sekarang ini banyak industri rumahan yang membuat beraneka macam bumbu masakan. Bumbu ini sangat praktis digunakan dan tentunya tidak membosankan karena terdiri dari banyak varian rasa. Anda juga bisa menanyakan kepada penjualnya bagaimana komposisinya, sehat atau tidakkah. Contohnya saja Anda bisa membuat nasi kebuli yang nikmat dengan bumbu instan yang sehat. Bisa mencoba aneka rasa, dan memperkaya rasa makanan anak tidak ada salahnya.

Makanan tinggi nutrisi

Makanan tinggi nutrisi dapat merangsang nafsu makan pada anak-anak karena mengandung vitamin dan mineral. Anak-anak harus dibiasakan makan buah dan sayur sejak dini. Setujukah Anda? Tentu harus setuju ya. Karena makanan terutama buah-buahan memiliki jumlah vitamin yang tinggi vitamin A, C, dan serat seperti mangga, pisang, jeruk, dan blueberry. Anak-anak juga perlu dibiasakan mengkonsumsi makanan “mentah” yang tidak dimasak, karena seperti yang kita ketahui, makanan mentah seperti buah dan harus dibutuhkan untuk menjaga kadar keasaman dalam tubuh. Bicara soal serat, nah anak-anak juga sangat perlu diberikan buah yang kaya serat. Kasian kan, jika anak kita menderita sembelit, tentunya sangat menyiksa. Bagaimana memanfaatkan buah-buahan ini untuk membuat makanan yang enak? Mama bisa memasukkan buah-buahan segar ke dalam smoothie dan tambahkan yogurt yang merupakan sumber serat, kalsium, dan vitamin B12. Bisa juga memasukkan sayuran berdaun hijau seperti bayam, selada, dan lainnya.

Gizi, Suplemen dan Vitamin

Bila Mama melihat anak-anak mama lemas, tak bertenaga, nafsu makan menurun mudah mengantuk, capek, dan kurang bisa fokus dalam belajar ada kemungkinan anak mama kurang mengkonsumsi vitamin. Kekurangan vitamin dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan pada anak. Anak mengalami stressatau penyakit kronis sering menderita gangguan penyerapan vitamin. Sekarang ini banyak produk tablet khusus dan formula vitamin cair yang dirancang hanya untuk anak-anak untuk memberikan viatamin C yang diperlukan, D, Seng, kalsium, dan B-12. Semua vitamin penting untuk tubuh anak terutama untuk pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Anak-anak mama bisa didorong untuk mengkonsumsi vitamin tiap hari untuk menambah nafsu makan mereka. Tapi perlu diingat ya Ma, vitamin terbaik tetap berasal dari sayur dan buah karena lebih alami.

Tampilan makanan

Nah ini yang juga penting. Penampilan makanan juga sangat mempengatruhi minat anda terhadap suatu makanan. Usahakan membuat makanan yang menarik dengan panduan buku resep atau anda juga bisa searching di youtube. Untuk buah-buahan misalnya, selain anda bisa membuat smooties, Mama juga bisa membuat sate buah. Untuk makanan berat seperti nasi, Mama bisa membentuk nasi dengan aneka tokoh kartun. Menarik bukan?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *