Madu Asli Punya Khasiat Maksimal untuk Kesehatan

No Comments 562 Views0


Madu Asli Punya Khasiat Maksimal untuk Kesehatan

Proses pasteurisasi merupakan pemanasan terhadap makanan ataupun minuman pada suhu tertentu dengan tujuan untuk membunuh mikroorganisme yang terdapat dalam makanan maupun minuman tersebut. Beberapa pengusaha ada yang melakukan pasteurisasi pada madu. Madu dipanaskan dan diproses sebelum disetorkan ke supermarket. Madu yang telah dipasteurisasi memang memiliki beberapa manfaat kesehatan, tetapi telah kehilangan enzim-enzim lebah di dalamnya karena mengalami proses pemanasan.

Alasan madu dipanaskan adalah untuk mencegah granulasi (pengkristalan) berlangsung cepat, dalam rangka untuk memperpanjang umur simpan. Pemanasan mengubah bentuk madu menjadi sangat berair, yang membuatnya lebih mudah untuk disaring dan diproses secara lanjut. Tapi proses pemanasan menimbulkan efek negatif diantaranya dapat menghancurkan beberapa komponen sehat madu, sehingga manfaat madu menjadi kurang ideal.

Madu yang tidak dipanaskan (dipasteurisasi) merupakan madu asli yang alami dan sehat. Dengan semua manfaat kesehatan yang ditawarkannya, madu memang menakjubkan sebagai obat dan nutrisi. Madu asli menawarkan sumber alami energi yang dapat digunakan. Gula putih yang kita konsumsi kurang bisa diproses tubuh dengan baik. Tapi madu secara alami dapat diterima dengan mudah oleh tubuh. Jadi, ketika Anda mengkonsumsi madu, Anda mendapatkan banyak energi tanpa efek samping negatif seperti halnya gula putih.

Madu juga membantu untuk meningkatkan pencernaan. Dengan mengkonsumsi madu asli, usus Anda mampu menghasilkan bakteri sehat untuk memperlancar pencernaan. Jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan pencernaan, coba gunakan madu sebagai pengganti gula putih dalam resep makanan Anda, atau campuran satu sendok teh madu dengan air, dan minum sebelum atau setelah makan.

Coba berkumur dengan air madu jika tenggorokan Anda sakit. Dan jika Anda sedang merasa dingin dan batuk, campurkan satu sendok madu dan perasan jeruk lemon dengan air. Kombinasi ini dapat membantu untuk meringankan rasa sakit juga dapat menghilangkan bakteri berbahaya yang menyebabkan batuk atau sakit tenggorokan.

Memang belum ada penelitian ilmiah yang meneliti berapa enzim yang hilang ketika madu telah dipasteurisasi. Namun bila Anda ingin menikmati khasiat enzim-enzim lebah yang lengkap, nampaknya Anda harus memilih madu asli. Sayangnya, kebanyakan konsumen menganggap bahwa madu asli sama saja dengan madu yang telah dipasteurisasi. Padahal faktanya kedua madu tersebut berbeda, baik dari khasiat maupun rasanya.

Jika Anda sulit menemukan madu asli di supermarket, Anda bisa membeli madu Aksamala secara online. Madu Aksamala dibuat madu terbaik tanpa proses pasteurisasi. Anda akan mendapatkan informasi yang jelas mengenai peternakan lebah madu Aksamala, mulai dari dimana lokasi peternakannya, berapa jarak setup dengan sumber nektar, jangka waktu peternakan, dan lebah apa yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *