Kondisi Peternakan Lebah dan Kisaran Harga Madu di Amerika Serikat

No Comments 683 Views0


Madu Makanan Yang Baik Saat Makan

Beberapa negara di Amerika Serikat telah mengembangkan peternakan lebah dengan produksi jenis madu yang berbeda setiap bulannya tergantung jenis bunga yang sedang bersemi. Madu telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat Amerika Serikat dan kini memiliki permintaan terhadap madu yang sangat tinggi. Permintaan terhadap madu kini menjadikan lahan bisnis yang menguntungkan, bahkan hingga mengeksport ke negara lain. Berikut kondisi peternakan lebah beserta kisaran harga madu di beberapa wilayah di Amerika Serikat pada bulan April 2015.

  1. Florida. Florida bagian selatan memiliki curah hujan diatas rata-rata pada saat curah hujan di Florida bagian pusat mendekati normal pada bulan April 2015. Suhu mencapai rata-rata dengan beberapa hari lebih hangat daripada suhu normal. Kesehatan lebah sangat baik meski tidak diberikan suplemen makanan. Produksi madu dari bunga jeruk berakhir sebelum akhir bulan, dan beberapa penjaga lebah memperkirakan produksi akan menurun 50-75% dari biasanya. Harga madu dari bunga jeruk diperkirakan 6$/kg oleh para pengepul madu.
  2. Illinois. Suhu pada bulan April berada di atas normal hingga normal dengan intensitas hujan yang cukup di beberapa wilayah. Suhu menjadi lebih dingin dan peternak lebah mulai khawatir jika musim dingin belum berakhir. Pembelian beberapa lebah dilakukan pada awal bulan karena peternak lebah kehilangan 50-60% sarang lebahnya. Beberapa peternak lebah sibuk mencari tempat untuk meletakkan sarang lebah dan mempersiapkannya untuk musim semi. Permintaan madu sangat bagus untuk konsumsi sendiri maupun untuk dijual kembali. Secara umum, harga madu tidak berubah meski peternak lebah kehilangan beberapa sarang lebahnya pada musim dingin.
  3. New England. Suhu di New England pada bulan April menjadi lebih dingin. Tingkat kelembaban di beberapa daerah juga lebih tinggi dari biasanya. Beberapa pohon mulai mengeluarkan bunga sebagai sumber serbuk sari dan nektar untuk lebah, diantaranya sumac, dandelion, crocus, dan beberapa jenis Salix spp. seperti Salic caprea, Salic discolor, Salix alba, dan Salic nigra. Permintaan terhadap madu sangat bagus. Beberapa peternak lebah menjual madu yang mereka beli dari peternak lebah lain, hal ini dilakukan karena mereka bertujuan untuk menutupi kekurangan penjualan madu. Harga jual madu untuk satu botol kecil berkisar 9$ hingga 12$, dan untuk botol ukuran 1 liter seharga 18$ hingga 20$. Sedangkan harga jual 5 galon untuk perusahaan sekitar 195$ hingga 240$, terkadang harga yang ditawarkan menjadi lebih murah untuk madu alam tergantung jenis dan kualitasnya. Di wilayah Northeast, harga jual madu alam sekitar 5$ hingga 5,6$ per kg. Harga jual propolis dilaporkan menembus 14$ hingga 17$ dan harga serbuk sari sekitar 26$ hingga 30$ per liter.
  4. Wisconsin. Suhu di bulan April menurut beberapa peternak lebah menjadi lebih dingin dari biasanya. Peternak lebah melakukan pembelian koloni lebah pada awal bulan. Ditemukan banyak larva lebah di dalam sarangnya, namun lebah dewasa memilih terbang ke tempat yang lebih hangat untuk mencari nektar dan kembali ke sarangnya. Beberapa peternak lebah melaporkan kehilangan sarang lebah sepanjang musim dingin. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan pembelian koloni lebah dan mereka optimis mendapatkan hasil yang lebih baik pada musim semi. Permintaan madu sangat bagus dan harga madu secara umum tidak berubah.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *