Kisaran Harga Madu Impor di Amerika Serikat

No Comments 640 Views0


Kisaran Harga Madu Impor di Amerika Serikat

Amerika tidak hanya mengeksport madu, namun jika melakukan impor untuk memenuhi kebutuhan madu untuk masyarakatnya. Kesadaran yang cukup tinggi masyarakat tentang manfaat madu merupakan salah satu mengapa Amerika Serikat melakukan impor. Jenis madu berbeda yang tidak mampu diproduksi oleh lebah di Amerika Serikat juga menjadi alasan impor madu dilakukan. Pada tahun 2015 hingga bulan Maret, Amerika Serikat melakukan impor berbagai jenis madu sebanyak 35.317.923 kg seharga 123.841.038$. Sedangkan pada bulan Maret 2015 saja, Amerika Serikat mengimpor 13.928.713 kg madu senilai 49.636.156$. Amerika Serikat mengimpor madu dari berbagai belahan dunia penghasil madu seperti Thailand, Italia, Swiss, Selandia Baru, dan negara lainnya. Jenis madu yang diimpor berupa white honey (madu putih), extra light amber honey, light amber honey, comb honey (madu beserta sarang lebah), flavored honey (madu yang mengandung rasa), organic honey (madu organik), dan jenis madu lainnya.

White honey (madu putih)

Amerika Serikat mengimpor white honey dari negara Argentina, Brazil, Kanada, Republic Dominika, India, Italia, Meksiko, Selandia Baru, Serbia, Taiwan, Thailand, Ukraina, Inggris dan Uruguay. Dari semua negara tersebut, Amerika Serikat mengeluarkan hingga 22.949.883$ untuk mendapatkan 5.445.973 kg white honey. Kisaran harga white honey dari setiap negara juga bervariasi, yaitu antara 1,99$ hingga 31,09$ per kg. Harga white honey termurah dari negara Selandia Baru dan termahal dari India.

Extra light amber honey

Extra light amber honey didapatkan Amerika Serikat dari negara Argentina, Australia, Brazil, Kanada, Denmark, Prancis, India, Italia, Meksiko, Selandia Baru, Portugal, Taiwan, Thailand, Ukraina, dan Uruguay. Selandia Baru memberikan harga madu termurah yaitu 1,76$/kg dan Prancis dengan harga madu termahal berkisar 10,22$/kg. Amerika Serikat mendapatkan jumlah total 11.187.491 kg madu dengan harga 39.504.682$ dari kelimabelas negara tersebut selama tahun 2015 hingga bulan Maret.

Light amber honey

Sebanyak 13.222.589 kg light amber honey diimpor Amerika Serikat untuk memenuhi kebutuhannya pada tahun 2015 hingga bulan Maret. Biaya yang dikeluarkannya pun mencapai 38.122.480$. Light amber honey didapatkan dengan mengimpornya langsung dari Argentina, Australia, Austria, Brazil, Bulgaria, Burma, Cote d’Ivore, Denmark, Republic Dominika, Jerman, Yunani, India, Israel, Italia, Meksiko, Pakistan, Spanyol, Taiwan, Thailand, Turki, Ukraina, Uruguay, dan Vietnam. Negara Taiwan memberikan harga madu terendah sekitar 2,33$/kg, sedangkan Italia memberikan harga termahal sebesar 18,48$/kg untuk light amber honey.

Comb honey (madu beserta sarang lebah)

Negara Austria, Brazil, Bulgaria, Kanada, Republic Dominika, Mesir, Prancis, Jerman, Yunani, Guatemala, Hungaria, India, Italia, Lithuania, Meksiko, Selandia Baru, Polandia, Portugal, Rusia, Arab Saudi, Serbia, Spanyol, Swiss, Taiwan, Turki, dan Ukraina memenuhi kebutuhan comb honey untuk Amerika Serikat selama tahun 2015 hingga bulan Maret. Amerika Serikat mampu mengimpor comb honey sebanyak 782.960 kg dengan harga 5.649.303$. Harga tertinggi dari negara Swiss sebesar 16,42$/kg dan harga termurah dari Guetamala sebesar 1,56$/kg.

Flavored honey (madu yang mengandung rasa)

Madu tidak hanya berasa manis, namun ada pula campuran rasa masam khas dari sumber nektarnya. Amerika Serikat mengimpor flavored honey yang berasal dari negara Belgia, Kanada, China, El-Savador, Finlandia, India, Irlandia, Italia, Jepang, Korea Selatan, Lebanon. Meksiko, Selandia Baru, Rusia, Spanyol, Taiwan, dan Thailand. Harga yang ditawarkan setiap negara juga bervariasi dengan kisaran harga 1,75$/kg dari Rusia hingga seharga 193,56$/kg dari Finlandia. Amerika Serikat mampu mengeluarkan 1.893.097$ untuk mendapatkan 170.370 kg flavored honey.

Organic honey (madu organik)

Organic honey didapatkan Amerika Serikat dengan mengimpor dari negara Argentina, Brazil, Kanada, Yunani, Italia, Meksiko, dan Selandia Baru. Amerika Serikat mendapatkan impor organic honey sebanyak 2.835.554 kg seharga 11.679.750$. Brazil memberikan harga termurah untuk organic honey yaitu sekitar 4,03$/kg dan Yunani memberikan harga termahal berkisar 13,76$/kg.

Jenis madu lainnya

Amerika Serikat mengimpor jenis madu lain dari negara Kanada, Republic Dominika, Mesir, Prancis, Yunani, India, Indonesia, Italia, Meksiko, Moldova, Selandia Baru, Polandia, Rusia, Spanyol, Taiwan, Turki, Ukraina, Uruguay, dan Vietnam. Amerika Serikat menerima impor dari negara-negara tersebut sebanyak 1.672.986 kg seharga 6.661.088$. Harga termahal pada madu yang berasal dari Ukraina yang seharga 26,71$/kg dan madu termurah dari Moldova dengan harga 1,79$/kg.

Indonesia ternyata sudah dapat bersaing dengan negara ekspor madu yang lain hingga mampu menembus pasar di Amerika Serikat. Indonesia perlu meningkatkan kualitas dan kuantitas madu untuk meningkatkan angka dan harga dari madu lokal. Perhatian dari pemerintah sangat diharapkan untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas dari peternakan lebah di Indonesia. Adanya inovasi kreatif dari bangsa Indonesia akan membuat pasar baru untuk madu. Diharapkan Indonesia mampu meningkatkan pendapatan negara dengan mengekspor madu, mengingat madu merupakan bahan alami yang memiliki banyak manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *