Khasiat Madu Untuk Bayi, Anak-Anak Hingga Golongan Usia Tua

No Comments 1006 Views0


Khasiat_Madu Untuk Bayi Anak-Anak Hingga Golongan Usia Tua

Khasiat madu sangat tinggi sekali. Bagaimana bisa begitu? Ini karena madu memiliki kandungan gula yang tinggi. Madu terdiri dari fruktosa sebanyak 41,0%, glukosa sebanyak 35% dan sukrosa sebanyak 1,9%. Madu juga mengandung zat lain seperti tepung sari dan berbagai enzim pencernaan. Selain itu, madu juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, B1, B2. Madu juga mengandung mineral seperti kalsium, natrium, kalium, magnesium, besi, garam iodine bahkan radium. Madu juga mengandung antibiotik serta beberapa asam organik seperti asam malat, tartarat, sitrat, laklat, dan oksalat. Semua zat itu sangat berguna bagi tubuh kita, sehingga mengkonsumsi madu sudah barang tentu mendatangkan banyak manfaat bagi kita, terlepas dari golongan usia kita.

Salah satu ilmuwan fisika terkenal dunia yakni Hypocrates membiasakan diri mengkonsumsi madu secara teratur dan usianya mencapai 107 tahun. Aristoteles, juga beranggapan bahwa khasiat madu juga termasuk pada meningkatkan kesehatan manusia dan memperpanjang usia. Ini diartikan bahwa meskipun usia sudah menua namun masih mempunyai stamina yang kuat dan jarang terkena gangguan penyakit. Ibnu Sina (Avicenna), ilmuwan yang sangat terkenal itu juga menganjurkan kita untuk mengkonsumsi madu. Madu dapat menjaga kekuatan sehingga kita masih mampu bekerja pada usia yang sudah menua. Ibnu Sina juga menganjurkan agar manusia yang telah berusia lebih dari 45 tahun untuk mengkonsumsi madu secara teratur. Berarti madu sangat bermanfaat untuk orangtua.

Selain pada golongan usia tua tadi, khasiat madu juga untuk golongan anak-anak. Pemberian madu pada anak-anak dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Anak yang tidak diberi madu kandungan hemoglobinnya hanya naik sampai 4% selama 40 hari, sedangkan yang mengkonsumsi madu disamping makan normal kandungan hemoglobinnya naik 23% pada waktu yang sama. Selain itu, dalam madu terdapat juga asam folat. Asam folat adalah suatu asam yang banyak pengaruhnya terhadap manusia yang sedang tumbuh. Asam folat dapat memperbaiki susunan darah, meningkatkan jumlah eritrosit dan juga meningkatkan kandungan hemoglobin.

Tak ketinggalan, khasiat madu yang lain juga sangat baik sekali bagi bayi terutama madu randu (kapuk) yang dicampur dengan susu. Hal ini dikarenakan madu mengandung cukup banyak besi sedang susu ibu atau susu sapihanya mengandung sedikit besi. Madu dengan kadar gula dan levulosa yang tinggi sangat mudah diserap oleh usus bersama dengan zat-zat organik lain. Dengan demikian, dapat bertindak sebagai stimulan bagi pencernaan dan memperbaiki nafsu makan.

Dari golongan tua, anak-anak hingga bayi bisa merasakan khasiat madu. Madu memang sumber pangan istimewa yang diberikan Tuhan melalui alam ini untuk kesehatan manusia. Jadi, jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi madu murni dan asli (ls)

 

Sumber: diolah dari publikasi tekpan.unimus.ac.id, dengan judul “Madu, Jenis dan Penggunaannya”.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *