Kesalahan tidur anak yang dilakukan orang tua

No Comments 346 Views0


sl

Anda bermasalah dengan menidurkan anak saat malam hari?, perhatikan kesalahan tidur yang seringkali  dilakukan orang tua berikut ini, agar bisa segera dicarikan solusinya.

1. Anda tak pernah bercengkrama di tempat tidur

Hal ini seringkali diabaikan para orang tua. Jika orang dewasa biasanya tak bisa langsung tertidur ketika di ranjang, hal inipun dialami para bayi. Anda harus mengubah kebiasaan dengan menempatkan mereka di tempat tidur, bahkan sebelum jam tidur mereka. Waktu di tempat tidur yang dihabiskan bersama orang tua memiliki banyak manfaat, selain mempercepat waktu tidurnya juga akan mempererat hubungan antara ibu dan anak lebih dalam.

2. Mengabaikan tanda bayi mengantuk

Para bayi tak bisa mengungkapkan bahwa mereka mengantuk dan ingin segera berada di tempat tidur untuk memudahkannya terlelap. Namun, Anda bisa mempelajari tanda-tanda yang ditunjukkan para bayi yang sudah mengantuk dan ingin tidur. Para bayi biasanya sering menguap, aktivitas melambat, sering berkedip dan menjadi tak tertarik dengan beragam hal yang biasanya membuat mereka bersemangat. Tanda yang mudah dikenali ini harus Anda perhatikan sehingga ia bisa mengambil tindakan yang tepat.

3. Membuat penolong tidur

Hal yang biasa jika para bayi bangun dini hari dan menangis, entah karena lapar, haus atau popok yang kotor, padahal Anda sudah cukup lelah dengan padatnya aktivitas harian. Maka kemudian Anda membuat penolong tidur untuk mengembalikanya terpejam, bisa dengan menimang atau menyanyikan lagu, dan berhasil. Bayi Andapun tertidur kembali. Tampaknya ini biasa, namun jika terus menerus dilakukan, anak Anda akan bergantung pada hal tersebut. Ia takkan bisa tidur lagi jika belum menerima timangan atau nyanyian pengantar.

4. Membiarkan ia tidur larut

Terdengar seperti saran yang bagus memang, membiarkan ia tidur larut dengan harapan ia bisa tertidur sendiri setelahnya. Namun jika ini menjadi kebiasaan, justru takkan bak untuk tubuh dan juga mentalnya. Anak-anak yang tidur larut atau bahkan tak tidur memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Maka dari itu, terapkan jam tidur di malam hari, dan temani menjelang tidurnya di ranjang untuk memastikan ia bisa tidur cukup dan bangun lebih segar keesokan paginya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *