Kenali Ciri-Ciri Madu Asli

No Comments 1106 Views0


Beberapa Produk Yang Terbuat Dari Madu

Konsumsi madu telah lama dilakukan oleh nenek moyang, bahkan beberapa ratus tahun sebelum masehi. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya lukisan tentang manfaat madu pada dinding batu yang berusia beberapa ribu tahun yang lalu di berbagai negara. Madu dipercaya mampu menyembuhkan berbagai macam penyakit, meningkatkan sistem imunitas atau daya tahan tubuh, serta membantu dalam proses penyembuhan luka. tidak hanya untuk orang dewasa, madu pun bermanfaat pula untuk anak-anak. Madu mampu meningkatkan nafsu makan, daya tahan, serta mampu menyembuhkan berbagai penyakit yang sering diderita anak seperti flu, batuk, demam, diare, tuberculosis (TBC) dan sulit tidur.

Madu asli berasal dari nektar tanaman berbunga yang dikumpulkan, diproses, dan disimpan oleh lebah. Beberapa sumber menyatakan bahwa madu asli merupakan madu organik yang berasal dari alam. Kini banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa madu sangat bermanfaat bagi tubuh karena adanya kandungan flavonoid, anti-oksidan, anti-inflamasi, anti-bakteri, beberapa jenis vitamin dan mineral, serta bahan lainnya. Setelah mengetahui fakta dan manfaat madu, manusia mulai mengembangkan peternakan lebah untuk mendapatkan lebih banyak madu. Tingginya permintaan terhadap madu membuat beberapa negara mulai memanfaatkan madu khas mereka sebagai komoditas ekspor.

Keuntungan yang tinggi dari kegiatan ekspor-impor madu ini membuat beberapa pihak mulai menambahkan bahan lain atau memalsukan madu asli untuk semakin menambah keuntungan. Istilah madu palsu mulai ada setelah munculnya berbagai jenis madu dengan beberapa tambahan namun memiliki harga yang lebih murah daripada madu lokal. Madu palsu merupakan produk yang diberikan tambahan larutan gula, molase, sirup jagung, dekstrosa, perasa, dan bahan tambahan lainnya. Ada beberapa merk madu yang dijual di supermarket menggunakan label “Madu Murni” meskipun merk tersebut merupakan madu palsu. Madu palsu merupakan permasalahan yang besar, terutama bagi masyarakat yang mencoba mengurangi gula untuk dietnya.

Tanpa adanya pengetahuan tentang cara menguji kemurnian madu, maka masyarakat akan mudah tertipu dengan madu palsu. Sifat dan ciri-ciri dari madu perlu dikenali untuk membedakan antara madu asli dan madu palsu sebagai dasar untuk melakukan pengujian kemurnian madu. Berikut beberapa perbedaan yang akan membantu Anda mengetahui keaslian madu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *