Kandungan Ekstrak Ikan Gabus

No Comments 802 Views0


Kandungan Ekstrak Ikan Gabus

Salah satu masalah nutrisi bagi pasien rumah sakit adalah hypoalbuminemia (kekurangan albumin). Hypoalbuminemia dapat disebabkan karena kekurangan bahan utama untuk sintesis protein (asam amino dari makanan), penyakit pada hati, dan kehilangan albumin karena ekskresi. Albumin berfungsi dalam pengikatan dan transport substansi, mengatur tekanan osmosis, mempercepat pembentukan platelet dan anti-trombosis, meningkatkan permeabilitas sel, dan sebagai anti-oksidan. Hypoalbuminemia biasanya dialami oleh orang yang mengalami malnutrition (ketidakseimbangan nutrisi) dan kelaparan. Hypoalbuminemia dapat menyebabkan gastrointestinal (berhubungan dengan pencernaan dan ketidakmampuan dalam menyerap protein).

Data tentang malnutrisi di rumah sakit Indonesia menunjukkan 45% -50% pasien menderita hypoalbuminemia, beberapa diantaranya terancam kehidupannya karena hypoalbuminemia. Untuk menolong pasien yang mengalami hypoalbuminemia adalah dengan pemberian albumin dalam bentuk Human Serum Albumin (HSA), namun harga dari HAS ini masih sangat mahal.

Ikan merupakan jenis makanan dari hewan yang mengandung protein tinggi dan memiliki kandungan lengkap, salah satunya asam amino esensial. Ikan dapat diekstrak untuk memperoleh protein plasma (sarcoplasmic) yang mengandung albumin dan nutrisi lainnya. Ekstrak ikan yang sering digunakan yaitu ektrak ikan gabus (Channa striata). Protein pada ikan gabus mengandung 3 protein utama, yaitu soluble protein (mudah hilang melalui ekstraksi), connective tissue stromal proteins, dan sarcoplasmic contractile proteins. Sarcoplasmic protein atau yang dikenal sebagai myogin, mengandung albumin, myoalbumin, myoprotein, globulin-X dan myostromin. Albumin, myoprotein, dan myoalbumin merupakan protein yang dapat larut dengan air, sedangkan myostromin and globulin tidak dapat larut dalam air namun rentan terhadap larutan asam atau basa.

Ekstrak ikan gabus digunakan sebagai pengganti serum albumin untuk manusia dan bahan dasar pembuatan obat. Ekstrak ikan gabus dapat meningkatkan tingkat albumin pada penderita hypoalbuminemia dan mempercepat proses penyembuhan luka pasca operasi. Ekstrak ikan gabus juga berpotensi untuk menghambat produksi radikal bebas dan sering digunakan untuk obat anti penuaan.

Prinsip dasar dalam pembuatan ekstrak ikan gabus yaitu proses ekstraksi protein plasma dari ikan. Albumin merupakan protein yang sensitif terhadap teknik ekstraksi dan suhu selama proses ekstraksi. Hasil ekstraksi yang benar akan menghasilkan ekstrak yang berwarna putih hingga kekuningan, tidak terdapat endapan, dan tidak berbau seperti ikan. Ekstrak ikan gabus mengandung protein albumin, lemak, glukosa, dan beberapa mineral Zn, Cu, dan Fe. Berikut ditampilkan nilai nutrisi setiap 100 ml larutan ekstrak ikan gabus.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *