Kandungan dan Manfaat Madu Asli untuk Tubuh

No Comments 505 Views0


Kandungan dan Manfaat Madu Asli untuk Tubuh

Hanya dengan mengkonsumsi madu asli yang manis dan enak secara rutin setiap hari, maka Anda akan mendapatkan manfaat yang banyak, diantaranya untuk mencegah infeksi pada luka, meningkatkan stamina pada atlet, menyembuhkan sistem pencernaan yang bermasalah, serta menyembuhkan radang tenggorokan. Selain memiliki rasa yang manis dan khas, madu asli memiliki banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk tubuh.

 

  • Kemampuan madu sebagai anti-bakteri

 

Beberapa penelitian telah membuktikan manfaat madu asli untuk pengobatan luka yang telah terinfeksi. Madu asli terbukti mampu menyembuhkan 58 dari 59 pasien yang mengalami luka parah dan bisul. Madu asli mengandung hidrogen peroksida dan asam fenolik yang membantu melawan dan menekan perkembangan berbagai bakteri yang mampu menimbulkan infeksi pada luka. Kandungan anti-bakteri pada madu asli mampu mengurangi tingkat infeksi sehingga mampu menyembuhkan luka lebih cepat.

 

  • Kemampuan  madu sebagai anti-oksidan

 

Madu asli memiliki kandungan anti-oksidan kuat yang mampu mengurangi jumlah lipoprotein atau kolesterol “jahat” yang terdapat banyak terdapat pada arteri serta mampu mengurangi radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan dini, kanker dan kerusakan jaringan. Madu asli memiliki kemampuan yang sama atau lebih besar daripada buah-buahan dan sayuran untuk mengurangi aktivitas radikal bebas. Buckwheat dan madu asli yang memiliki warna lebih gelap memiliki senyawa antioksidan yang lebih banyak daripada madu asli yang berwarna lebih terang.

 

  • Kemampuan madu sebagai peningkat kekebalan dan pelancar pencernaan

 

Madu asli mengandung bifidobacteria, yaitu sekelompok bakteri yang berhubungan dengan pencernaan dan sistem kekebalan tubuh. Madu asli berperan sebagai  probiotik yang mampu merangsang pertumbuhan bifidobacteria dalam usus. Madu asli mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Selain itu, madu asli juga dapat berperan sebagai anti-inflamasi yang mampu membantu melawan kanker.

 

  • Kemampuan madu sebagai nutrisi tubuh dan penenang pikiran

 

Dalam mitologi Yunani dan Romawi, madu asli telah sering dikonsumsi selama berabad-abad oleh atlet untuk meningkatkan stamina. Madu asli mampu menyediakan karbohidrat yang mudah diserap tubuh, glukosa dan fruktosa, serta vitamin dan mineral yang mampu membantu meningkatkan stamina dalam waktu yang lama. Apabila madu asli dikonsumsi sebelum, selama, atau setelah latihan, madu asli mampu meningkatkan kinerja dan mempercepat pemulihan akibat latihan. Nutrisi pada madu asli juga berperan sebagai relaksasi karena madu asli mampu menurunkan tingkat kegelisahan pada otak, sehingga tubuh dan pikiran akan lebih tenang dan beristirahat secara optimal.

 

  • Kandungan nutrisi pada madu asli

 

Sebelum disaring, madu asli mengandung royal jelly, serbuk sari dan propolis yang menjadi tiga sumber utama antioksidan, vitamin, dan mineral. Namun apabila madu asli telah melewati proses pemanasan dan penyaringan, madu asli akan kehilangan vitamin A, C, D, E dan K, berbagai vitamin B, kalsium, kalium, magnesium dan enzim.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *