Jangan katakan 5 hal ini pada anak

No Comments 495 Views0


dont

Jangan katakan 5 hal ini pada anak Anda. Memang ada banyak hal yang harus Anda lakukan untuk menjadikan anak berkepribadian kuat dan memiliki kemampuan yang baik dalam bidang apapun. Namun sebaliknya, ada juga hal yang tak boleh Anda katakan untuk mendukung kepribadian baik itu tetap terjaga, diantaranya.

1. “Bagus sekali”

Ketika Anda sering mengatakan ini atau sejenisnya pada anak setiap kali mereka melakukan hal-hal yang baik dan benar, ketahuilah ini takkan baik untuknya. Ketika Anda sering mengungkapkan hal ini,ia akan melakukan segala sesuatu sesuai dengan persetujuan dan juga ungkapan penghargaan dari Anda, dan bukan karena ia termotivasi sendiri. Mulai ubahlah dengan kalimat pujian yang mendidik, misalnya “ibu suka dengan caramu membentuk timmu sendiri”.

2. “Practice makes perfect”

Memang benar bahwa latihan akan mampu mengasah kemampuan manusia jadi lebih baik. Jika seseorang ingin mendapat kemampuan yang mumpuni maka ia harus berlatih terus. Jika ini Anda sampaikan pada anak, semacam pesan bahwa jika kau gagal berarti kau tak bersungguh-sungguh dan tak berlatih dengan keras. Anak-anak akan mencari tahu apa yang salah dengannya sehingga ini menjadikan tekanan tersendiri kenapa setelah ia berlatih keras tak juga mendapatkan hasil terbaik dan menjadi yang terbaik.

3. “Kau baik-baik saja”

Ini sering terjadi ketika ia menangis dengan hebatnya. Jika ini terjadi berarti ada hal tak mengenakkan atau menakutkan yang terjadi yang mungkin saja Anda juga mengetahuinya. Anda tak bisa mengatakan bahwa ia baik-baik saja, karena ia memang tidak baik-baik saja. Peluk saja dia dan katakan “itu tadi memang sangat menakutkan” atau sejenisnya jika ia menangis karena takut. Ini justru lebih efektif.

4. “Cepatlah”

Anda tak boleh mengatakan “cepatlah” pada anak. Ini sama saja memerintahkan ia untuk bergerak lebih cepat seakan ia lambat dalam beragam hal. Rubahlah dengan gaya bahwa Anda dan anak adalah satu tim dengan mengatakan ayo, kita harus cepat” atau ajaklah ia berlomba dan melihat sapa yang menang lebih dulu dalam suatu hal. Ini akan lebih memacu semangat dan juga meningkatkan kepercayaan dirinya.

5. “Ibu sedang diet”

Anda menimbang berat badan dan melihat adanya ketidakselarasan berat dengan harapan Anda. Adapun sering mengatakan “aku gemuk” didepan anak. Pun demikian saat ingin olahraga untuk program diet, jangan katakan “aku akan olahraga”, katakan saja “cuacanya sedang bagus, aku akan lihat keluar”. Mungkin saja ia justru akan ikut bergabung.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *