Ikan Gabus, Ikan Lezat Yang Kaya Manfaat

No Comments 934 Views0


iKAN GABUS IKAN KAYAMANFAAT

Pernahkah Bunda memasak ikan gabus? Ya. Ikan yang satu ini dikenal dengan rasanya yang lezat dan juga kaya manfaat. Ikan gabus adalah salah satu spesies ikan yang asli dari Indonesia yang habitatnya di perairan darat seperti sungai, waduk dan rawa. Pemijahan ikan gabus biasanya dilakukan pada musim penghujan sekitar Oktober-November. Pemijahan adalah proses pelepasan telur dan sperma pada ikan yang menghasilkan pembuahan. Ikan gabus ini sering dikonsumsi karena lezat dan baik bagi pencernaan. Ikan gabus mengandung protein kalogen yang lebih rendah dibanding kadar protein pada jenis ikan lain, sehingga teksturnya lebih empuk.

Bunda yang telah memberikan Vitabumin pada buah hati tentu telah mengetahui bahwa Vitabumin terdiri dari 3 unsur yakni madu, albumin dan temulawak. Albumin dalam Vitabumin sendiri didapat dari ikan gabus. Albumin merupakan salah satu jenis protein yang banyak terdapat dalam ikan gabus yang sangat kaya manfaat.

Beberapa manfaat ikan gabus antara lain adalah dapat memperbaiki gizi buruk. 100 gr ikan gabus sudah bisa untuk memenuhi kebutuhan gizi terutama pada bayi. Selain itu, kandungan albumin dalam ikan gabus juga dapat membantu penyembuhan autis pada anak. Anak autis yang tengah menjalani terapi dapat mengkonsumsiVitabumin karena dalamVitabumin juga mengandung albumin. Ikan gabus juga diketahui dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti halnya madu. Dengan mengkonsumsi ikan gabus yang kaya akan albumin, dapat membantu anak untuk tidak mudah terserang penyakit. Beberapa ahli gizi juga mengatakan bahwa ikan gabus memiliki asam amino yang sangat lengkap.

Ikan gabus yang tumbuh di daerah yang aliran sungainya cukup deras seperti di Kalimantan dan Sumatra sering terbawa ke lingkungan rumah dan bahkan masuk ke kolam ikan peliharaan dan menjadi predator di sana. Jika habitatnya mongering, ikan gabus akan bergerak ke tempat lain dan jika terpaksa akan mengubur diri dalam lumpur sampai terisi air lagi. Ikan gabus dapat bertahan hidup di habitat tanpa air karena dapat menyerap kandungan oksigen bebas dengan alat bantu pernafasan yang bernama labirin.

Banyak ya ternyata manfaat ikan gabus, Bunda? Ikan gabus juga punya habitat hidup yang unik. Bunda juga dapat mengolah ikan gabus ini dengan berbagai cara seperti menjadikannya bakso ikan, tekwan, sup dan sebagainya. Semoga informasi ini bermanfaat ya. Semoga bunda dan buah hati selalu sehat J (ls)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *