Gizi Penting pada Madu Asli

No Comments 678 Views0


Madu Asli Punya Khasiat Maksimal untuk Kesehatan

Konsumsi madu asli telah menjadi kebiasaan masyarakat sejak zaman dahulu. Madu asli mengandung banyak vitamin, mineral dan nutrisi lainnya. Madu asli juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada madu asli :

  1. Kalori. Satu sendok makan madu asli mengandung sekitar 60 hingga 64 kalori. Madu asli tidak memiliki kolesterol dan tidak memiliki kandungan lemak. Komposisi madu asli berupa karbohidrat sekitar 80%, air sebanyak 18%, asam amino 2%, serta vitamin dan mineral.
  2. Karbohidrat. Madu asli merupakan jenis gula yang sebagian besar terdiri dari fruktosa dan glukosa, dan kedua jenis gula tersebut termasuk dalam sumber karbohidrat terbesar. Setiap satu sendok makan madu asli mengandung 17 gram karbohidrat, sehingga madu juga dapat digunakan sebagai nutrisi untuk sarapan. Penelitian juga telah membuktikan bahwa madu asli adalah karbohidrat yang sangat efektif, terutama untuk atlet.
  3. Vitamin dan mineral. Nutrisi yang paling umum ditemukan dalam madu asli adalah vitamin B6, niasin, tiamin, asam pantotenat, dan riboflavin. Jumlah vitamin dan mineral akan bervariasi tergantung dari sumber nektar bunga. Madu asli juga mengandung mineral seperti tembaga, kalsium, zat besi, mangan, magnesium, kalium, fosfor, natrium, dan seng.
  4. Antioksidan. Madu asli mengandung berbagai macam asam fenolik dan flavoniod tertentu. Kandungan antioksidan pada madu ini mampu membantu menghilangkan radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit serius. Madu asli yang berwarna lebih gelap umumnya memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan dengan madu asli yang berwarna lebih terang.
  5. Fruktosa, glukosa, maltose, sukrosa dan kandungan air. Madu memiliki komposisi sekitar 38,5% fruktosa dan 31% glukosa. Madu juga mengandung maltosa sekitar 7,1% dan sukrosa sekitar 1,3%. Kandungan air pada madu memiliki nilai 17%.
  6. Indeks glikemik. Madu mengandung indeks glikemik sekitar 31 hingga 78 tergantung dari varietas madu.
  7. Derajat kemasaman (pH). Nilai pH madu asli berkisar antara 3,4 hingga 6, namun madu asli umumnya memiliki pH rata-rata sebesar 3,9. Madu asli mengandung berbagai jenis asam, baik asam amino dan asam organik yang mempengaruhi nilai pH pada madu. Jumlah dan jenis asam akan berbeda tergantung pada varietas madu asli. Jenis-jenis asam dapat berupa aromatik atau non-aromatik (alifatik). Asam alifatik inilah yang membuat beberapa varietas madu memiliki rasa yang berbeda.
  8. Asam amino dan enzim. Enzim adalah sejenis protein yang terdiri dari berbagai asam amino. Enzim fosfatase dan katalase juga dapat ditemukan dalam madu asli. Jenis enzim pada madu asli akan bervariasi tergantung dari sumber nektar dan lokasi tanaman berbunga sebagai sumber nektar. Madu asli memiliki delapan belas jenis asam amino. Namun, asam amino tersebut hanya sekitar 0,05% hingga 0,1% dari komposisi madu secara keseluruhan. Prolin adalah jenis asam amino utama yang ditemukan di dalam madu. Asam organik pada madu tersusun dari beberapa jenis asam yang berkisar antara 0,17% hingga 1,17%. Asam organik yang paling umum adalah asam gluconic. Selain asam gluconic, madu juga mengandung diastase (amilase), dan invertase (glukosidase). Asam organik lainnya yaitu suksinat, asetat, butirat, capronic, malat, format, laktat, sitrat, propionat, pyroglutamic, valerat, dan palmitat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *