Fakta Unik tentang Madu Asli

2 Comments 1334 Views0


Waspadai “Madu Campuran” di Pasaran

Madu asli telah lama digunakan sebegai pemanis alami, dan madu asli telah lama ada sebelum tercipta gula buatan. Madu asli merupakan pemanis yang memiliki banyak manfaat karena mengandung enzim, mineral, vitamin, dan asam amino yang dibutuhkan untuk tubuh.

Bagaimana madu asli dibuat?

Dibutuhkan sekitar 60.000 lebah yang melakukan perjalanan hingga 55.000 mil (sekitar 88.500 km) dan lebah tersebut akan mendatangi lebih dari 2 juta bunga untuk mengumpulkan nektar untuk membuat madu. Nektar dikumpulkan dan disimpan di dalam perut lebah, nektar tersebut akan bercampur dengan enzim kemudian dibagikan (melalui regurgitasi) ke lebah lainnya mulut. Proses tersebut diulang sampai nektar menjadi setengah bagian dan kemudian disimpan ke dalam sarang.

Setelah sampai di sarang, lebah mengepakkan sayapnya untuk menguapkan air dan mengeringkan nektar. Nektar tersebut akan mengental dan lebih dikenal dengan istilah madu. Sarang lebah kemudian ditutup dengan hasil sekresi dari perut lebah yang kemudian mengeras menjadi lilin lebah. Ada lebih dari 300 jenis madu di Amerika Serikat, dimana masing-masing madu memiliki warna yang unik dan rasa yang tergantung pada sumber nektar. Madu asli yang berwarna lebih terang, seperti madu yang berasal dari bunga tanaman jeruk, memiliki rasa yang lebih lembut daripada madu asli yang berwarna lebih gelap.

Keunikan madu asli

Lebah memiliki peran yang penting dalam penyerbukan tanaman berbunga untuk menyeimbangkan ekosistem. Lebah mempunyai satu pekerjaan penting, yaitu mengumpulkan cairan manis yang lengket dan cairan ini disebut dengan madu. Madu asli telah lama digunakan sebagai pemanis alami yang berbeda dengan gula yang lain.

Tidak ada pemanis yang mampu berperan sebagai obat, anti-septik, anti-kanker, pengatur gula darah, menjaga fungi hati, bagian dari menu diet, serta kemampuan dalam menyembuhkan penyakit, tidak ada! Kecuali madu. Madu asli bermanfaat untuk kesehatan manusia apabila dikonsumsi secara rutin. Konsumsi madu asli setiap hari dapat meningkatkan stamina dan sistem kekebalan tubuh.

Tanggal kadaluarsa pada madu asli

Madu asli merupakan makanan yang tidak pernah rusak. Pernyataan tersebut telah dibuktikan oleh seorang arkeologis yang menemukan madu asli berumur sekitar 2000 tahun yang berasal dari Mesir dan ternyata madu tersebut masih memiliki rasa yang enak! Hal ini terjadi karena bakteri tidak mampu tumbuh dan berkembang pada madu asli karena rendahnya kadar air dan tingginya kadar asam pada madu asli. Madu asli memiliki pH sekitar 3,2 hingga 4,5 yang mampu menciptakan kondisi yang kurang baik untuk pertumbuhan bakteri atau mikroorganisme. Adanya tanggal kadaluarsa pada kemasan madu mengindikasikan madu tersebut bukan madu yang asli.

Aturan dalam mengkonsumsi madu

Madu asli memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, diantaranya kandungan fruktosa yang tinggi, yaitu sekitar 53%. Setiap satu sendok teh madu memiliki sekitar 4 gram fruktosa. Seseorang yang mengalami resisten insulin tidak diperbolehkan mengkonsumsi madu secara berlebihan karena kandungan fruktosa yang tinggi pada madu asli. Jadi, setiap konsumsi madu asli harus memperhatikan penambahan total gram dari fruktosa (termasuk buah) yang dikonsumsi setiap harinya, dan pengkonsumsian fruktosa harus dibawah 25 gram per hari. Namun, konsumsi madu asli secara rutin pada orang yang sehat akan memberikan manfaat yang sangat banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *