Ciri-Ciri Madu Asli Yang Harus Anda Ketahui

1 Comment 1448 Views0


MADU EFEKTIF DUKUNG TUMBUH KEMBANG ANAK

Ciri-ciri madu asli secara khusus juga dapat berbeda-beda dan perlu penjelasan lebih lanjut dan terperinci lagi. Perbedaan ciri-ciri madu murni dipengaruhi oleh banyak faktor yang mempengaruhi kualitas, sifat dan karakter madu murni asli lebah.

Adapun ciri-ciri madu asli secara umum adalah :

Kekentalan ( viskositas ) Madu Asli

Kekentalan yang terdapat pada madu asli lebah madu yang masih murni dan alami tentu saja tidak akan selalu sama. Kekentalan pada madu asli lebah hutan atau lebah ternak berkaitan dengan tempat sarang lebah berada ( letak habita lebah madu ) yang akan mempengaruhi jumlah kadar air alami dalam madu tersebut.

Meskipun madu berasal dari satu pulau seperti : sumatera contohnya maka, kekentalan dan jumlah kadar air akan berbeda-beda kecuali jika madu tersebut telah di standarkan secara pabrikan ( diolah dengan cara dikurangi kadar air madu tersebut ).

Kepadatan ( Densitas ) Madu Asli

Kepadatan pada madu asli adalah satu satu ciri madu asli lebah madu dimana kepadatan madu asli ini memiliki sifat akan mengikuti gaya gravitasi bumi sesuai dengan berat jenis madu tersebut. Madu asli yang disimpan dalam jangka waktu cukup lama maka zat-zat terlarut dalam madu tersebut akan memisah dengan pelarutnya dan akan membentuk lapisan-lapisan sesuai dengan berat jenis madu tersebut. Maka, Ciri-ciri madu asli akan memiliki lapisan-lapisan pada madu asli yang telah disimpan dalam waktu lama.

Sifat Menarik Air ( Higroskopi ) Madu Asli

Maduyang disimpan dan diletakkan diruangan yang lembab dengan wadah yang tidak tertutup dengan rapat maka kekentalan dan kandungan air madu akan berubah atau lebih cepat berubah karena madu memiliki sifat mudah dan dapat menyerap air disekitar madu tersebut. Sifat higroskopis madu asli ini juga sering digunakan dalam dunia medis untuk mengompres luka, borok terutama pada penderita diabetes melitus.

Tegangan Permukaan

Busa yang muncul pada madu asli adalah ciri madu asli karena sifat tegangan permukaan madu yang rendah dan kekentalan yang tinggi ( kadar air rendah ). Hal ini bebeda dengan busa yang muncul pada madu yang telah terjadi fermentasi ( madu rusak ) karena pada madu yang terfermrntasi kekentalan madu rendah ( madu encer ), aroma madu juga berubah dan rasa menjadi asam seperti tape.

Suhu Dan Termperatur

Sesuai dengan nilai derajat pengkristalan pada madu maka, madu memiliki ciri-ciri yang lambat dalam menyerap suhu lingkungan. Ciri-ciri madu asli adalah mudah menghantarkan panas sehingga madu asli lebah akan mudah kelebihan panas apalagi ketika dipanasi dengan api maka, madu asli akan sangat cepat mendidih kemudian meluber. Anda dapat mengujinya dengan menuangkan madu pada satu sendok makan stainless stell kemudian bakar dan panasi dengan api. Madu asli yang baru saja dipanasi juga memiliki ciri tidak sama dengan gula yang dipanasi.

Warna Madu Asli

Ciri-ciri madu asli memiliki warna yang beranekaragam sesuai sumber asal madu dan tempat lebah madu mendapatkan makanannya ( nektar ). Warna madu tidak akan selalu sama persis bahkan untuk madu hutan yang diperoleh dari satu pulau dan diambil dalam waktu yang sama.

Aroma dan Rasa Madu Asli

Ciri-ciri madu asli memiliki aroma dan rasa yang bervariasi, spesifik dan unik. Aroma dan rasa madu asli akan berubah-ubah dalam artian tidak dapat dipastikan meskipun tempat dan asal lebahnya sama. Aroma dan rasa madu asli yang mentah akan lebih jelas lagi perbedaanya dengan madu palsu atau tiruan.

Demikian sedikit penjelasan dari kami tentang “ciri-ciri madu asli dan madu palsu”. Semoga dapat menjadi tambahan ilmu pengetahuan dan bahan dasar acuan anda untuk menentukan pilihan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *