Cara mudah bantu bayi belajar berjalan

No Comments 373 Views0


babyw

Bayi melalui banyak tahap dalam hidupnya. Diantara fase yang harus dilalui adalah fase bayi belajar berjalan. Berikut ini adalah cara mudah bagi Anda para orang tua untuk mengajarkan dan membantu bayi belajar berjalan.

  1. Dasar berjalan

Sedari usia 4-15 bulan, bayi Anda akan memulai tahapan berjalan. Dia akan mulai belajar duduk sendiri dengan usahanya, kemudian akan berusaha berkeliling. Anda bisa membangun kepercayaan diri mereka untuk melangkah serta melakukan beragam permainan menarik untuk bayi. Awalnya ia akan belajar duduk dengan usahanya sendiri tanpa bantuan Anda. Ini akan berlangsung kira-kira di usia 4-7 bulan bayi. Ini adalah fase awal untuk memperbanyak mobilitasnya. Dengan duduk, akan memperkuat otot bayi sehingga ia akan beranjak berdiri.

  1. Merangkak

Kira-kira di usia mereka 7-10 bulan, bayi akan mulai melakukan hal paling penting yang bisa dilakukan para bayi, yaiu merangkak. Dalam merangkak, bayi menggerakkan lengan dan kaki dalam waktu bersamaan. Bantulah ia melatih dan semakin memperkuat lengan dan kakinya dengan mengajaknya untuk menjelajahi area sekitar rumah. Berikan apresiasi pada bayi Anda untuk setiap pergerakan yang ia lakukan.

  1. Belajar bediri

Saat usia 8 bulanan, bayi akan mulai belajar berdiri dengan menggunakan bantuan perabotan rumah. Ini amat mungkin dilakukan mengingat lengan dan kaki mereka sudah semakin kuat. Anda bisa membiarkanya bertahan dulu dan melihat sampai seperti apa perjuangan bayi Anda.

  1. Belajar jalan dengan bantuan

Ketika ia mulai bisa bertahan dengan hal ini, Anda bisa mulai untuk menopang dan membantunya saat ia akan memulai berjalan. Jangan lepaskan pegangan Anda pada bayi dan buat mereka percaya diri dengan langkah yang akan mereka ambil. Bangitkan mereka untuk terus belajar dan semagat mengambil langkah. Biasanya ini akan berlangsung di usia mereka 8-9 bulan. Lama kelamaan, bayi akan mulai nyaman dan percaya diri dan akhirnya bisa Anda lepas untuk mulai berjalan sendir. Karena ia akan mulai menjelajahi banyak sudut rumah dengan langkahnya sendiri, pastikan perabotan dan segala yag ada di rumah Anda amat ramah pada bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *