Buat anak patuh dengan ini

No Comments 450 Views0


ob

Semua orang tua ingin anak yang rajin dan patuh. Namun untuk membuat bisa bersikap seperti itu tentu saja butuh proses dan juga pelatihan yang tak sebentar. Namun, cara-cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk membuatnya patuh dan taat pada orang tua.

1. Hindari perintah beruntun

Kemampuan otak anak masih terus mengalami perkembangan. Namun, ini tak serta merta membuatnya bisa menerima perintah yang bertubi-tubi. Anak-anak juga memiliki batasannya. Seperti misalnya saat Anda memerintahkan untuk mematikan tv, lalu basuh kaki dan tangan dan kemudian belajar lalu tidur. Membayangkan saja membuat anak kewalahan berpikir dan mencerna yang harus ia lakukan. Ucapkanlah permintaan tolong pada anak jika ingin ia melakukan sesuatu. Ini akan lebih manjur dan efektif ia lakukan.

2. Tak bertele-tele

Anak-anak takkan menyukai pembicaraan yang terlalu lama karena hanya akan membuatnya berpikir keras. Daripada begitu, akan lebih baik jika Anda langsung pada poinnya. Contohnya, “sayang, kita akan ke taman, karena disana ada permainan, dan teman-teman yang menyenangkan, kau akan ikut bermain, jadi gantilah sepatumu dengan sandal”, bisa Anda ganti dengan “sayang, karena kita akan ke taman, lepas sepatumu dan ganti dengan sandal”.

3. Jangan ulang terus

Memang, dengan mengulang sesuatu, akan lebih cepat menancap dan dipahami anak. Namun, itu jika Anda praktekkan. Berbeda kisah jika Anda hanya mengulang-ulang perkataan dan perintah tanpa memberi contoh. Anda akan terdengar seperti “kaset rusak”. Maka dari itu, berhentilah mengatakan yang hanya akan didengar tanpa dilaksanakan. Akan lebih baik jika Anda mulai mempraktekkan dan mengajarkan mereka dengan tindakan konkret.

4. Buat permainan

Anak Anda cenderung menghabiskan waktu hariannya melelahkan. Untuk membuat ia patuh pada perintah dan mau mendengar yang Anda katakan, buatlah kreasi dengan permainan. Ini akan mengasah kreatifitas dan justru mau mendengarkan apa yang ingin Anda sampaikan padanya.

5. Beri perhatian

Perhatian adalah hal penting untuk membuatnya selalu mampu bersikap baik dan menurut pada orang tuanya. Sesekali bersikaplah sebagai teman baiknya, yang mendengarkan segala macam keluh kesahnya, yang selalu menjadi tempatnya bercerita dan mengadu. Anak tak hanya akan menurut, namun ia akan menganggap Andalah tempatnya pulang ketika sedih, bahagia bahkan kecewa. Dan itu akan berlangsung hingga ia dewasa nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *