Beberapa Produk Yang Terbuat Dari Madu

No Comments 552 Views0


Beberapa Produk Yang Terbuat Dari Madu

Madu sebagai produk utama berasal dari nektar bunga merupakan makanan yang sangat berguna bagi pemeliharaan kesehatan, kosmetika dan farmasi, meningkatkan daya tahan tubuh, menyembuhkan darah tinggi dan darah rendah, membuat enak tidur , mengobati rematik, memperlancar fungsi otak, menyembuhkan luka bakar.

Faktor yang mempengaruhi produksi madu adalah:

  1. ketersediaan pakan lebah penghasil nektar dan pollen
  2. cuaca, kelembaban dan temperatur udara
  3. proporsi koloni lebah yang tertinggi pada saat produksi nektar paling banyak

Salah satu produk dari madu yang menjadi primadona dalam dunia kesehatan adalah royal jelly. Karena kualitas dari produk ini maka tak jarang harga dari royal jelly melambung tinggi. Royal jelly yang dapat dikonsumsi oleh semua umur mempunyai manfaat yang hampir sama dengan madu asli. Adapun manfaat dari royal jelly adalah berikut :

  1. Royal jelly dimanfaatkan untuk stamina dan penyembuhan penyakit, sebagai bahan campuran kosmetika, bahan campuran obat-obatan.

Royal jelly sebenarnya adalah pakan khusus/utama untuk larva lebah ratu. Produksi royal jelly adalah dengan menggunakan mangkokan ratu yang diisi dengan larva umur 1-2 hari (grafting) dan dipasangkan pada bingkai frame yang selanjutnya dimasukkan kedalam koloni.

  1. Pollen (tepung sari) dimanfaatkan untuk campuran bahan obat-obatan/ kepentingan farmasi.

Pollen adalah tepung sari bunga yang dikumpulkan dan dibawa lebah di kedua kaki belakangnya. Pollen bisa dikumpulkan dengan cara memasang pollen trap di pintu masuk stup.

  1. Propolis (perekat lebah) untuk penyembuhan luka, penyakit kulit dan membunuh virus influensa.

Propolis adalah bahan rekat atau dempul bersifat resin yang dikumpulkan oleh lebah pekerja dari kuncup, kulit, atau bagian lain dari tumbuhan. Dalam sarang digunakan untuk menutup celah, retakan, memperkecil lubang pintu masuk. Kandungan kimia dalam propoplis antara lain: zat aromatik, zat wangi, zat antibiotik, mineral. Dimanfaatkan sebagai obat, tapal gigi, luka usus.

  1. Apitoxin (bee venom)

Apitoxin adalah racun atau bisa lebah yang dihasilkan lebah madu (Apis mellifera, Apis cerana, Apis dorsata) dari jenis lebah pekerja. Apitoxin mengandung senyawa kimia antara lain: triptofan, kolin, gliserin, asam fosfat, asalm falmitat, asam lemak, apramin, peptida, enzim, hystamin dan mellitin. Kandungan tertinggi adalah protein 20% (Apis mellifera).

Manfaat sengatan lebah untuk penyembuhan beberapa penyakit antara lain: reumatik, sakit kepala, salah urat, tekanan darah tinggi/rendah,dll. Kontra indikasinya adalah penyakit jantung dan TBC.

Kadungan yang bisa anda dapat jika anda mau mengkonsumsi rutin royal jelly. Atau anda bisa menggunakan vitabumin madu untuk anak anda. Dengan vitabumin madu maka anak akan mempunyai daya tahan tubuh terhadapk penyakit yang lebih baik. Mempunyai asupan nutrisi yang lengkap dari vitabumin madu akan membuat anak bisa tumbuh dengan sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *