Bahaya Meningitis Pada Anak

No Comments 851 Views0


Bahaya Meningitis Pada Anak

Setiap bunda di Indonesia bahkan di dunia menginginkan anaknya bisa tumbuh sehat dan optimal. Tetapi apa akibatnya jika anak sakit? Pastinya segala cara dilakukan untuk membuat anak menjadi sehat ceria kembali. Salah satu penyatik berat yang dapat menyerang anak adalah meningitis. Penyakit ini sangat riskan akan kematian.

Apa itu penyakit meningitis?

Meningitis adalah infeksi cairan otak disertai radang yang mengenai piameter(lapisan dalam selaput otak) dan arakhnoid serta dalam derajat yang lebih ringan mengenai jaringan otak dan medula spinalis yang superfisial. Meningitis dapat disebabkan oleh virus, bakteri, riketsia, jamur, cacing dan protozoa. Penyebab paling sering adalah virus dan bakteri. Meningitis yang disebabkan oleh bakteri berakibat lebih fatal dibandingkan meningitis penyebab lain karena mekanisme kerusakan dan gangguan otak yang disebabkan oleh bakteri maupun produk bakteri lebih berat.

Meningitis ditandai dengan adanya gejala-gejala seperti panas mendadak, letargi, muntah dan kejang, keluhan sakit kepala, sakit tenggorok, nyeri otot, demam, dan disertai dengan timbulnya ruam makopapular yang tidak gatal di daerah wajah, leher, dada, badan, dan ekstremitas.

Benarkah anak dapat sakit meningitis?

Tentu saja bisa, meningitis merupakan infeksi karena virus, bakteri, dan juga jamur. Anak dunianya adalah dunia bermain, dimana tidak memperhatikan kebersihan lingkungan sehingga kemungkinan terkena virus, bakteri dan juga jamur terbuka lebar. Ini juga berkaitan dengan peran orang tua yang menjaga anaknya. Ketika anak terinfeksi virus dan tidak ada penanganan segera maka virus itu akan menjalaran ke seluruh tubuh termasuk juga otak sehingga tidak menutup kemungkinan anak terjangkit meningitis.

Pengobatan meningitis

Patikan anak bunda mendapatkan pemerikasaan yang benar mengenai sakit meningitis yang diderita. Terapkan pola hidup sehat pada anak bunda bik dari segi kehidupan ataupun dengan pola makannya. Berikan juga vaksin Haemophilus influenzae type b (Hib), Pneumococcal conjugate vaccine (PCV7), Pneumococcal polysaccaharide vaccine (PPV), Meningococcal conjugate vaccine (MCV4), dan MMR (Measles dan Rubella). Imunisasi Hib Conjugate vaccine (Hb-OC atau PRP-OMP) dimulai sejak usia 2 bulan dan dapat digunakan bersamaan dengan jadwal imunisasi lain seperti DPT, Polio dan MMR untuk meningkatkan ketahan tubuh anak.

Peran serta vitabumin dalam menyembuhkan meningitis anak

Vitabumin madu merupakan madu anak yang terdapat ekstrak albumin, temulawak, dan pegagan. Semua kandungan itu sangat baik untuk kesehatan tubuh anak, termasuk untuk meningitis. Ketiga kandungan ini merupakan antibiotik dan antifungal alami yang sangat tinggi kadarnya sehingga ini dapat digunakan untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak. vitabumin juga berfungsi untuk memperbaiki sel-sel otak ynag telah terinfeksi menjadi sel-sel baru karena adanya kandungan albuminnya. Vitabumin merupakan suplemen untuk anak yang kaya akan nutrisi, mineral dan juga vitamin sehingga ini dapat digunakan untuk anak dalam melawan penyakit dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *