Atasi anak sakit perut

No Comments 463 Views0


sto

Jika anak Anda mengalami sakit perut, ada banyak hal yang menjadi penyebab dan tentu saja banyak pula obat yang bisa diberikan untuk mengurangi sakitnya itu. Sakit perut sebenarnya hal yang biasa dialami manusia, tak hanya orang dewasa, bahkan anak-anak. Berikut ini yang harus Anda perhatikan kaitannya dengan sakit perut pada anak.

1. Skait perut karena makanan

Makanan adalah yang menjadi pemicu utama sakit perut anak. Jika ia terserang sakit, bisa jadi karena makanan yang dikandung terlalu mengandung zat yang tajam. Bisa terlalu asam atau terlalu keras kandungannya. Jika ini yang terjadi, bisa Anda berikan susu untuk menetralisir keasaman yang diderita anak. Sakit perut juga biasa dialami jika mereka jajan sembarangan. Jajanan yang ada di luaran tak bisa dijamin kebersihan dan kesehatannya. Bisa jadi mereka yang menjual makanan untuk konsumsi anak ini hanya mementingkan keuntungan dengan mengabaikan kandungan gizi di dalamnya. Pahamkan pada anak bahwa demi kesehatan bersama. Lebih terjamin lagi jika Anda membawakan bekal untuk anak sendiri dari rumah. Meskipun tak seenak jajanan luar, makanan buatan sendiri tentu saja lebih sehat.

2. Sakit perut dengan muntah

Sakit perut pada anak bisa menjadi parah jika disertai dengan muntah-muntah. Ini bisa disebabkan karena infeksi virus dan bakteri, seperti salmonella. Virus dan bakteri dibawa oleh makanan yang beracun basi atau sejenisnya. Jika ini yang terjadi pada anak, Anda harus memberinya banyak cairan, karena ini juga bisa menyebabkan dehidrasi serta memperburuk kondisi anak. Walaupun bisa pulih dengan sendirinya, akan lebih baik jika Anda memeriksakan ke dokter untuk penanganan yang lebih intens.

3. Sakit perut karena masuk angin

Ini jenis sakit perut yang sering dialami anak-anak, yaitu karena masuk angin. Masuk angin bisa melanda siapa saja, terutama jika udara dingin dan tidak bersahabat. Untuk mencegahnya, Anda bisa selalu melindungi anak dengan pakaian berlapis atau pakaian yang hangat agar suhu tubuhnya terjaga baik. Untuk mengatasi kondisi seperti ini, berikanlah makanan yang hangat dan cukup mengandung rempah-rempah untuk menghangatkan anak dari dalam,.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *