Apakah  Perbedaan Antara ASI dan ASI Eksklusif?

No Comments 199 Views0


Adakah dari bunda di rumah yang sudah tahu perbedaan antara ASI dengan ASI Eksklusif? Ya, keduanya memiliki pengertian yang berbeda secara kesehatan.  ASI adalah Air Susu Ibu  yang mengandung semua zat gizi yang diperlukan oleh bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan. Sedangkan ASI Eksklusif adalah pemberian ASI saja pada bayi tanpa tambahan makanan/minuman lain (susu formula/kaleng, pisang, madu, teh, dll) kecuali obat, sampai usia 6 bulan. Itulah bunda perbedaannya, jadi ASI Eksklusif diberikan sampai bayi berusia 6 bulan tanpa diberi tambahan makanan/minuman lain.

Lalu, apa manfaat ASI bagi Bayi? Manfaat ASI bagi bayi adalah:

  1. Satu-satunya makanan terbaik untuk tumbuh kembang bayi. Dari semua makanan dan minuman yang ada, ternyata ASI adalah yang terbaik bunda. Jadi untuk tumbuh kembang anak secara maksimal, ASI merupakan sumber asupan terbaik bagi bayi.
  2. Mudah dicerna dan diserap.
  3. Kebal terhadap penyakit infeksi. Ini karena dalam ASI ibu yang baru melahirkan terdapat kolostrum yang sangat berguna untuk mencegah infeksi pada BBL (Bayi Baru Lahir).
  4. Terhindar dari diare karena bersih dan tidak pernah basi.
  5. Gigi, langit-langit dan rahang tumbuh secara sempurna.
  6. Meningkatkan perkembangan kecerdasan mental emosional anak.

Selain itu, ibu juga mendapatkan manfaat karena disusui oleh anaknya. Apa manfaat itu? Yang pertama adalah jelas terjadinya kasih sayang antara ibu dan bayinya. Proses menyusui membuat hubungan emosional bayi dan bunda menjadi lebih intens. Selain itu, manfaat yang lain adalah bisa membantu menunda kehamilan karena ibu fokus pada anak yang sekarang diberinya ASI Eksklusif. Menyusui juga mempercepat pemulihan kesehatan lhoh bunda, bisa juga mengurangi resiko kanker payudara dan indung telur.

Begitu banyak manfaatnya ternyata kegiatan menyusui bayi baik bagi bayi maupun bagi ibunya. Menyusui ternyata juga mampu mengurangi resiko kanker payudara juga. Bayi mendapat manfaat, bundapun juga. Semoga dengan membaca ini bunda menjadi lebih paham tentang ASI dan ASI Eksklusif dan mejadikan pemberian ASI Ekslusif sebagai opsi untuk maksimalnya tumbuh kembang buah hati. Semoga informasi ini bermanfaat ya untuk bunda 🙂

 

*sumber: diolah dari publikasi depkes.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *