Anak wajib tahu 5 hal ini

No Comments 425 Views0


po

Dalam masa perkembangan dan pertumbuhan mereka, anak akan belajar banyak hal, terutama mengenai sopan santun. Berikut ini 5 hal yang wajib diketahui anak dalam proses pembentukan kepribadian mereka.

1. Biasakan “tolong”

Penggunaan kata “tolong’ amatlah penting dalam pergaulan dan komunikasi, tak hanya dengan orang tua ataupun keluarga, namun untuk semua orang. Ajarkan anak untuk membiasakan diri mengucapkan “tolong” ketika mereka meminta sesuatu ataupun menyuruh orang untuk melakukan sesuatu pula. Kata ini akan sangat efektif dalam upaya untuk menghormati dan menghargai sesama manusia.

2. Katakan “terima kasih”

Hampir sama dengan kata “tolong” sebelumnya, namun sedikit berbeda karena kata “terima kasih” menunjukkan kebalikannya. Kita harus mengucapkan terima kasih ketika menerima sesuatu. Entah itu bantuan, barang ataupun pertolongan dari orang lain. Ungkapan “terima kasih” juga menjadi bentuk bahwa kita menerima apa yang telah dilakukan atau diberikan. Selain itu, hal ini juga akan menenangkan orang yang memberi kita sesuatu tersebut. Ia akan senang bahwa ternyata yang ia berikan diterima dan berkenan. Akan sangat bermanfaat jika sedari kecil anak sudah ditanamkan nilai semacam ini.

3. Memotong pembicaraan orang itu dilarang

Anak takkan tahu norma kesopanan jika tak diajarkan sejak kecil. Segera tegur ia ketika ia memotong pembicaraan orang lain. Jika sudah ditegur, anak akan tahu batasannya bahwa hal tersebut dilarang dan tak boleh dilanggar. Ia harus menunggu hingga orang yang berbicara selesai, lalu ia akan direspon dengan benar. Namun jika hal tersebut ia langgar, bisa jadi itu akan menjadi catatan buruknya di hadapan orang lain.

4. Biasakan “maaf’ dan minta izin

Jika dalam keadaan mendesak anak Anda harus mengganggu orang lain, biasakan untuk mengucap “maaf” dan meminta izin. Bisa juga ketika Anda dalam keadaan mendesak, anak harus selalu meminta izin untuk melakukan hal lainnya. Ini akan jadi kebiasaan baik jika Anda ajarkan bahkan sejak ia masih kecil.

5. Selalu positif

Tanamkan pada anak bahwa dunia ini tak peduli dengan apa yang tak kau sukai. Jika ia berpikir negatif, jangan pernah disampaikan pada orang lain. Kalaupun ia harus bercerita, ia bisa membaginya dengan sahabat. Selalu memiliki pikiran dan arah yang positif lebih memberi dampak baik untuk kehidupannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *