Ajari anak rajin menabung

No Comments 330 Views0


bank

Menabung adalah salah satu dari hal penting yang harus Anda ajarkan kepada anak sedari dini. Dengan menabung, anak akan belajar menghargai uang dan mempergunakannya dengan bijak. Walaupun kebutuhan materi sudah tercukupi bahkan berlebih, Anda tak harus selalu memanjakan anak dengan menuruti semua keinginannya. Biasakan ia untuk memanage pengeluaran yang ia lakukan. Jika Anda kebingunangan bagaimana mengajarkan anak menabung sedari dini, berikut ini adalah tips mudah yang bisa Anda terapkan.

  1. Belikan celengan

Salah satu tips yang paling mudah adalah dengan membelikan ia celengan. Bisa yang berbentuk hewan, bunga atau apapun yang ia sukai. Dengan membelikan celengan, Anda punya kesempatan untuk memaksanya menyisihkan sebagian yang ia punya untuk disimpan dalam celengan. Bisa juga Anda buat semacam permainan. Ibaratkan uang atau koin adalah makanan untuk hewan ini. Setiap hari, hewan yang ia pelihara haruslah dirawat dengan memberinya makan. Nah, dengan begini, anak akan dengan senang hati memberikan makan berupa koin dan uang agar menjaga hewan celengan tetap ada.

  1. Atur skala prioritas

Sedari dini, anak juga harus punya skala prioritas. Ajarkan perlahan mengenai apa saja yang perlu dan mendesak untuk dibeli serta apa saja yang perlu ditangguhkan. Contoh mudah yang mendesak, seperti buku, kertas, tas sekolah dan sebagainya. Sedangkan barang yang tak terlalu penting untuk dibeli saat ini seperti video game, robot atau mobil balap. Barang-barang seperti itu bisa ia dapatkan nanti dengan menabung dulu, walaupun sebenarnya Anda sanggup membelikan. Ini untuk mengajarkan pada anak bahwa semuanya perlu perjuangan, termasuk juga untuk membeli atau mendapatkan barang yang ia inginkan.

  1. Ajari berhemat

Berhemat membutuhkan perjuangan khusus, apalagi jika memiliki uang yang banyak. Pun demikian dengan anak Anda, ia perlu belajar hemat sejak sekarang. Dengan menghemat, ia tak perlu khawatir dengan kemungkinan yang akan terjadi di masa depan. Misalnya saja ia perlu keperluan mendesak, tak perlu meminta lagi ke orang tua karena setidaknya ia punya uang sisihan selain yang ditabung. Ini amat membantu para orang tua agar si anak tak boros saat dewasa kelak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *